Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Manfaat Daun Perilla, Redakan Flu hingga Tingkatkan Fungsi Otak

Kompas.tv - 12 Juli 2024, 05:45 WIB
6-manfaat-daun-perilla-redakan-flu-hingga-tingkatkan-fungsi-otak
Ilustrasi. Daun perilla merupakan daun dari pohon wijen yang masih satu keluarga dengan mint. Daun perilla memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, termasuk meredakan flu. (Sumber: Benzoix on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Daun perilla yang dikenal juga sebagai daun shiso atau basil Korea, mungkin masih asing bagi sebagian orang Indonesia. Daun ini lebih populer dalam berbagai hidangan Korea Selatan, seperti sebagai pelengkap hidangan barbeku dan kimchi.

Daun perilla merupakan daun dari pohon wijen yang masih satu keluarga dengan mint. Daun aromatik ini memiliki perpaduan rasa antara mint dan basil dengan sedikit rasa pahit.

Ada pula yang menyebut rasa daun perilla merupakan kombinasi dari jeruk dan kayu manis, dengan sedikit perpaduan adas manis. Di balik kelezatannya, daun perilla juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Vitamin U Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh, Temukan dalam 5 Makanan Ini

6 Manfaat Daun Perilla untuk Kesehatan

Dilansir laman Livestrong.com, berikut ragam manfaat daun perilla untuk kesehatan. 

1. Meredakan flu

Daun perilla merupakan tanaman herbal yang sudah digunakan sejak lama untuk mengobati pilek dan flu. Daun aromatik ini juga dapat meredakan gejala lainnya seperti batuk, sakit kepala, dan hidung tersumbat.

Ekstrak daun perilla bisa memberikan efek menghangatkan, yang diduga berperan dalam keefektifannya meredakan batuk dan kondisi pernapasan lainnya.

2. Meredakan asma

Tidak hanya meredakan gejala influenza, daun perilla juga mengandung beberapa senyawa yang dapat meredakan asma.

Daun ini mengandung luteolin yaitu senyawa flavonoid alami yang dapat digunakan sebagai agen anti-asma untuk pengobatan asma karena dapat memberikan efek relaksasi pada otot-otot halus trakea.

Daun perilla juga mengandung Alpha-linolenic acid (ALA) yakni asam lemak omega-3 yang membantu melonggarkan otot-otot saluran udara dan mengurangi peradangan.

Baca Juga: 5 Manfaat Meminum Teh Serai, Dapat Mengatasi Sakit Fisik sampai Psikis!

3. Menurunkan risiko serangan jantung



Sumber : Livestrong.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x