Kompas TV lifestyle kesehatan

Cara Minum Air Kelapa Muda untuk Redakan Asam Lambung

Kompas.tv - 4 Juli 2024, 04:15 WIB
cara-minum-air-kelapa-muda-untuk-redakan-asam-lambung
Air kelapa muda telah lama menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk asam lambung. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Air kelapa muda telah lama menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk asam lambung.

Asam lambung adalah penyakit umum yang banyak diderita masyarakat Indonesia, sering kali terkait dengan tingkat stres dan pola makan yang tidak teratur.

Ketika asam lambung naik, beberapa gejala seperti batuk, mual, sendawa terus-menerus, hingga sakit tenggorokan dapat dirasakan.

Gejala ini tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari jika tidak segera ditangani.

Meskipun banyak obat yang diklaim mampu meredakan asam lambung dengan cepat, bagi Anda yang tidak ingin mengonsumsi obat, air kelapa muda bisa menjadi alternatif yang efektif.

Khasiat air kelapa muda

Menurut laman Kemkes.go.id, buah kelapa muda merupakan produk tanaman tropis yang unik karena daging dan air buahnya dapat langsung dikonsumsi tanpa pengolahan.

Keunikan ini didukung oleh sifat fisik dan komposisi kimia daging dan air kelapa, sehingga sangat digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Buah kelapa muda memiliki nilai ekonomi tinggi dan daging buahnya mengandung gizi yang baik, termasuk asam lemak dan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. 

Baca Juga: Manfaatkan Irigasi Limbah Pabrik Gula untuk Kesuburan Tanah Sawah

Air kelapa tidak hanya segar, tetapi juga mengandung berbagai mineral, vitamin, gula, dan asam amino esensial, menjadikannya minuman ringan bergizi tinggi yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Namun, banyak konsumen hanya menganggap air kelapa sebagai minuman pelepas dahaga, sementara daging buahnya hanya dianggap sebagai pelengkap.

Dibandingkan dengan minuman ringan lainnya, air kelapa mengandung nutrisi yang baik dan dapat dikategorikan sebagai minuman bergizi tinggi, higienis, dan alami, serta telah terbukti mampu menyembuhkan berbagai penyakit.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x