Kompas TV lifestyle kesehatan

Apa itu Tawas? Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh: Mencerahkan Ketiak hingga Obati Jerawat

Kompas.tv - 26 Juni 2024, 10:20 WIB
apa-itu-tawas-berikut-manfaatnya-untuk-kesehatan-tubuh-mencerahkan-ketiak-hingga-obati-jerawat
Ilustrasi tawas. Bahan kimia untuk perawatan kecantikan. (Sumber: Pinterest via Himedik)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tawas atau Potassium alum adalah senyawa garam yang terdiri atas molekul air, logam alkali, dan ion sulfat.

Senyawa ini berbentuk kristal dan memiliki sifat isomorf, yang memungkinkan kristalnya larut dalam air dengan kelarutan yang bervariasi, tergantung pada jenis logam dan suhu.

Dalam bentuk bubuk halus, tawas sering mengacu pada jenis tawas potasium yang umum digunakan sebagai bumbu dapur dan pengawet makanan. Selain itu, tawas juga memiliki sifat antiseptik dan astringen.

Kemampuan anti-mikroba pada tawas efektif menghilangkan bakteri penyebab bau badan. Menurut Food and Drug Administration (FDA), tawas aman digunakan sebagai deodoran. 

Namun, penting untuk mempertimbangkan risiko dan manfaatnya, karena pada beberapa orang penggunaan tawas dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi, gatal, sensasi terbakar, kulit kering, kemerahan, dan reaksi alergi.

Manfaat Batu Tawas untuk Tubuh

Selain mencegah bau badan, tawas juga menawarkan berbagai manfaat lain untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat tawas untuk tubuh:

Baca Juga: 8 Manfaat Air Rendaman Timun, Termasuk Menurunkan Kolesterol

1. Mencerahkan Ketiak



Sumber : Kompas TV, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x