Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Kompas.tv - 21 Juni 2024, 03:05 WIB
6-manfaat-buah-nanas-untuk-kesehatan
Ilustrasi penggunaan buah nanas untuk mengempukan daging. (Sumber: SHUTTERSTOCK/ BATJAKET)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Nanas (Ananas comosus) merupakan salah satu buah tropis yang digemari banyak orang. Tidak hanya segar, nanas juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Melansir laman Healthline, 150 gram buah nanas matang dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C pada laki-laki maupun perempuan.

Buah dengan cita rasa manis dan asam ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi.

Berkat kandungan vitamin dan mineral penting, buah nanas dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan selama tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut deretan manfaat nanas untuk kesehatan

Baca Juga: Bosan Nastar Rasa Nanas? Ini Resep Bikin Nastar isi Pandan dan Almond

1. Menjaga kesehatan tulang

Vitamin C dalam nanas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya menjaga kesehatan tulang. Studi dalam Journal of Bone and Mineral Research menyebutkan, vitamin c penting untuk menunjang kesehatan tulang.

Vitamin jenis ini terbukti merangsang produksi sel pembentuk tulang dan melindungi sel tulang dari kerusakan, salah satunya osteoporosis.

2. Meningkatkan kesuburan

Nanas mengandung enzim bromelain  yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan anti koagulasi (pengencer darah). Efek anti koagulasi ini dapat membantu meningkatkan aliran darah, termasuk dalam rahim dan lapisannya. 

Buah satu ini juga menurunkan potensi peradangan pada reproduksi wanita seperti endometriosis. Kandungan enzim bromelain dalam nanas dapat merangsang pembentukan hormon testosteron, sehingga produksi sperma juga ikut mengalami peningkatan.

3. Kaya akan antioksidan

Nanas merupakan sumber antioksidan yang dapat mengkal radikal bebas dalam tubuh.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'newrelic.so' (tried: /usr/lib64/php/modules/newrelic.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so: cannot open shared object file: No such file or directory), /usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: