Kompas TV lifestyle kesehatan

Murah Meriah, 5 Rekomendasi Ikan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Kompas.tv - 5 Juni 2024, 11:07 WIB
murah-meriah-5-rekomendasi-ikan-yang-dapat-meningkatkan-kecerdasan-otak-anak
Ikan sarden. Konsumsi ikan yang kaya omega 3 menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. (Sumber: Romeio Paul on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Konsumsi ikan yang kaya omega 3 menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

Dikutip dari Medical News Today, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports pada 2018 menemukan, anak-anak yang makan ikan seminggu sekali atau lebih, memiliki waktu tidur lebih nyenyak dan rata-rata mendapat skor lebih tinggi pada tes IQ dibandingkan yang tidak pernah makan ikan atau melakukannya kurang dari sekali seminggu.

Dari penelitian ini, para ahli merekomendasikan untuk menambahkan ikan secara bertahap ke dalam makanan anak.

Berikut rekomendasi ikan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak anak.

1. Patin

Ikan patin memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan otak. Dalam 100 gram ikan patin terkandung 17 gram protein, lemak 6,6 gram dan 1,2 gram karbohidrat. 

Baca Juga: 7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak, Termasuk Brokoli dan Ikan

Tak hanya itu, dalam ikan patin terkandung DHA dan EPA yang juga terdapat dalam ikan salmon dan tuna. Ikan ini aman dikonsumsi oleh semua kalangan karena memiliki kadar kolesterol yang rendah dan bisa diolah menjadi berbagai macam olahan.

2. Nila

Rekomendasi ikan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak anak selanjutnya adalah nila. Ikan jenis ini mengandung kalium dan omega 3 yang tinggi.

Keduanya dapat meningkatkan kekuatan otak dan fungsi neurologis. Kalium meningkatkan oksigenasi ke otak dan sangat penting untuk keseimbangan cairan yang tepat di seluruh tubuh.



Sumber : Medical News Today



BERITA LAINNYA



Close Ads x