Kompas TV lifestyle tren

Podcast Skena-nya: Sejarah Kemunculan dan Perkembangan Skinhead di Inggris

Kompas.tv - 2 Juni 2024, 07:35 WIB
podcast-skena-nya-sejarah-kemunculan-dan-perkembangan-skinhead-di-inggris
Ilustrasi. Subkultur skinhead yang muncul pada akhir 1960-an di Inggris, telah menjadi fenomena yang menarik dalam sejarah budaya populer. (Sumber: Bing Image Creator)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Subkultur skinhead yang muncul pada akhir 1960-an di Inggris, telah menjadi fenomena yang menarik dalam sejarah budaya populer.

Dikenal dengan gaya berpakaian yang khas dan kesetiaannya pada musik seperti reggae, ska, dan punk rock, skinhead memiliki sejarah yang kompleks yang mencerminkan perubahan sosial dan politik pada masanya.

Subkultur skinhead memiliki akar yang dalam di kalangan warga kelas pekerja muda di Inggris pasca-Perang Dunia II. 

"Tentang sejarah skinhead, flashback ke tahun 60-an di Inggris sono, booming ekonomi di Inggris. Pascaperang, anak muda lagi girang-girangnya. Wajib militer dicabut, budaya konsumerisme meningkat," kata wartawan musik Kompas TV, Abdul Rosyid atau yang akrab disapa Ocid, dalam podcast Skena-nya.

Baca Juga: Podcast Skena-nya: Sejarah Docmart, Sepatunya Anak Skena Musik

Karena budaya konsumerisme yang meningkat, investasi pun semakin banyak di Inggris. Akibatnya, bar-bar kecil di pinggir jalan digantikan oleh bar yang lebih besar. Minimarket yang sebelumnya mudah ditemui, perlahan hilang dan berganti supermarket.

"Inilah yang kemudian memunculkan perlawanan. Jadi anak-anak itu jadi muncul kebersamaan untuk melindungi diri, untuk ngejagain apa yang menjadi kepentingan kita bersama," jelas Ocid.

Muncul sebagai reaksi terhadap ketidakpuasan sosial dan budaya, skinhead awalnya bukanlah gerakan politis, melainkan lebih merupakan pernyataan identitas dan gaya hidup. 

Dilansir laman outonthefloor.co.uk, skinhead terinspirasi oleh budaya mod (modernist) dan pengaruh musik ska dan reggae yang dibawa oleh imigran Jamaika.

Pada awal 1970-an, subkultur skinhead mengalami perkembangan yang signifikan. Sebagian anggotanya tetap fokus pada musik dan budaya, sementara yang lain mulai terlibat dalam gerakan politik ekstrem, terutama di Inggris dengan munculnya gerakan sayap kanan seperti National Front.

Hal ini melahirkan stereotip negatif bahwa semua skinhead adalah rasis atau neonazi.

Dekade 1980-an menyaksikan kebangkitan kedua subkultur skinhead, baik di Amerika Serikat maupun di Eropa. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x