Kompas TV lifestyle kesehatan

8 Manfaat Diet Mediterania, Salah Satunya Mencegah Depresi

Kompas.tv - 22 Mei 2024, 11:24 WIB
8-manfaat-diet-mediterania-salah-satunya-mencegah-depresi
Ilustrasi. Prinsip diet Mediterania mendorong orang untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan lemak sehat seperti minyak zaitun dan alpukat. (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Diet Mediterania menjadi salah satu diet yang cukup populer. Dilansir laman Cleveland Clinic, diet jenis ini diperkenalkan peneliti asal Amerika Serikat bernama Ancel Keys saat melakukan studi pola makan di tujuh negara pada 1950.

Keys dan timnya menemukan pola makan masyarakat Mediterania ternyata bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Diet Mediterania adalah diet yang disesuaikan dengan pola konsumsi makanan nabati dan lemak sehat. 

Prinsip diet Mediterania mendorong orang untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan lemak sehat seperti minyak zaitun dan alpukat.

Orang yang menjalani diet ini juga boleh mengonsumsi ikan, serta produk olahan susu seperti keju dan yogurt, asalkan dalam jumlah sedang. 

Baca Juga: Mengenal Diet Tinggi Serat, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Selain itu, mereka yang sedang menjalani diet Mediterania disarankan mengurangi makanan cepat saji, makanan instan, daging, gula, mentega, biji-bijian olahan, dan alkohol. 

Dikutip dari laman Medical News Today, penelitian terbaru menyebut diet Mediterania dapat mengurangi kecemasan dan stres. Berikut beberapa manfaat diet Mediterania lainnya.

8 Manfaat Diet Mediterania

1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat diet Mediterania adalah menjaga kesehatan jantung. Pola makan sehat dengan diet Mediterania diketahui dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Critical Reviews in Food Science and Nutrition, diet ini berfokus pada lemak sehat dan asam lemak omega-3.

Dalam diet Mediterania, kacang-kacangan dan minyak zaitun ekstra virgin menjadi sumber lemak utama. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam kedua makanan itu terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

2. Meningkatkan fungsi otak

Pola makan sehat dengan diet Mediterania juga memiliki manfaat untuk kesehatan otak. Makanan kaya omega-3 dalam diet jenis ini dapat mengurangi peradangan pada otak.

Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel otak, sementara vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan fungsi otak.

3. Meningkatkan kualitas tidur



Sumber : Medical News Today, Cleveland Clinic



BERITA LAINNYA



Close Ads x