Kompas TV lifestyle kesehatan

Kurang Populer tapi Sarat Guna, Ini 5 Manfaat Tanaman Vervain untuk Kesehatan

Kompas.tv - 20 Mei 2024, 20:55 WIB
kurang-populer-tapi-sarat-guna-ini-5-manfaat-tanaman-vervain-untuk-kesehatan
Ilustrasi stres depresi pikiran pekerjaan (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tanaman vervain atau Verbena officinalis dipercaya sebagai tanaman herbal pada pengobatan tradisional China. Tanaman ini memiliki daun bergerigi, dengan bunga kecil tubular berwarna ungu muda atau putih.

Selama ratusan tahun, tanaman vervain telah banyak digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, luka bakar, luka sayat, peradangan, hingga depresi. Sayangnya, belum banyak penelitian yang dapat membuktikan manfaat tanaman ini.

Melansir laman Verywell Health, berikut manfaat tanaman vervain.

Baca Juga: Sumber Protein Baik, Ini 6 Ragam Manfaat Edamame untuk Kesehatan

5 Manfaat Tanaman Vervain

1. Mengatasi depresi dan kecemasan

Menurut penelitian pada 2020, tanaman vervain dilaporkan memiliki efek antidepresan. Penelitian ini menguji ekstrak vervain untuk menurunkan gejala depresi pada tikus betina.

Hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak vervain dengan dosis 200 mg/kg berat badan tikus terbukti efektif menurunkan gejala depresi pada tikus betina. Efek ini dikaitkan dengan kandungan senyawa flavonoid, polifenol, tanin, dan steroid yang terdapat dalam vervain.

2. Mengatasi insomnia

Tanaman herba ini juga memiliki efek sedatif atau penenang dari tanaman vervain. Menurut uji penelitian, ekstrak air vervain pada dosis 50–300 mg/kg berat badan tikus menghasilkan peningkatan efek obat penenang. 

Efek ini terus meningkat seiring dengan peningkatan dosis. Efek sedatif ini diketahui dapat membantu menurunkan permulaan tidur dan meningkatkan durasi tidur. 

Hal ini bermanfaat untuk mengatasi insomnia. Para peneliti menduga bahwa efek penenang ini berasal dari kandungan senyawa verbenalin dalam vervain.

3. Memiliki sifat antimikroba



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Opini

Anima Mundi

8 Juli 2024, 23:00 WIB

Close Ads x