Kompas TV lifestyle travel

7 Tips Naik Kereta Bersama Anak Biar Perjalanan Seru dan Berkesan

Kompas.tv - 19 Mei 2024, 08:05 WIB
7-tips-naik-kereta-bersama-anak-biar-perjalanan-seru-dan-berkesan
Berlibur bersama anak-anak menggunakan kereta api kini menjadi salah satu pilihan favorit para orangtua. (Sumber: KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Berlibur bersama anak-anak menggunakan kereta api kini menjadi salah satu pilihan favorit para orangtua.

Menawarkan pengalaman yang berbeda dari perjalanan darat, kereta api memungkinkan Anda menikmati pemandangan indah sambil bercengkrama dengan anak-anak tanpa perlu khawatir macet atau kelelahan mengemudi.

VP Public Relations KAI Joni Martinus, menyatakan, perjalanan bersama anak-anak seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua.

Namun, dengan perencanaan yang matang, perjalanan dengan anak-anak bisa menjadi momen berharga dalam menikmati liburan keluarga.

"Adanya fasilitas ramah anak yang lengkap di stasiun dan di dalam kereta, serta berbagai layanan yang disediakan oleh KAI, akan memberikan pengalaman tersendiri dalam melakukan perjalanan menggunakan kereta api bersama keluarga," kata Joni dalam keterangan resminya, dikutip dari laman Kementerian BUMN, Minggu (19/5/2024). 

"Namun, orangtua tetap perlu memperhatikan keselamatan anak-anak dengan selalu mengawasi aktivitas mereka selama berada di stasiun dan di dalam kereta," tambahnya. 

Baca Juga: Jadwal Lengkap Kereta Panoramic Mei 2024, Berikut Rute dan Waktu Keberangkatannya

Berikut adalah tips berlibur bersama anak-anak menggunakan kereta api dari KAI.

Tips liburan bersama anak gunakan kereta api 

1. Manfaatkan Aplikasi Access by KAI

Aplikasi Access by KAI memudahkan Anda dalam memesan tiket kereta. Unduh aplikasinya dari Apple Store atau Google Play, lalu masuk dengan nomor ponsel atau akun Google Anda.

Pilih tanggal, tujuan, dan jadwal keberangkatan yang sesuai dengan preferensi Anda.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur unggulan, termasuk layanan tambahan seperti pemesanan makanan, taksi, bus, dan hotel.

Dengan fitur e-boarding pass, Anda bahkan tidak perlu mencetak tiket, cukup tunjukkan barcode Anda kepada petugas atau gunakan fitur face recognition jika tersedia.

"Untuk anak-anak di bawah 3 tahun, meskipun tiket reguler tidak dibutuhkan, Anda perlu membuat tiket infant melalui aplikasi Access by KAI atau di loket pemesanan di stasiun," ujar Joni. 

Baca Juga: Seru! Menikmati Daya Tarik Museum Kereta Api Ambarawa

2. Pesan tiket kereta jauh-jauh hari

Penting untuk memesan tiket kereta jauh-jauh hari, terutama jika Anda bepergian dengan anak-anak. Tiket dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI atau secara online melalui situs web resmi KAI dan mitra resmi lainnya.

Anda dapat memesan tiket hingga 30 hari sebelum keberangkatan.

Selain bisa mendapatkan harga lebih murah, memesan tiket dengan lebih awal juga memungkinkan Anda untuk memilih tempat duduk yang nyaman bagi Anda dan anak-anak.

3. Jangan telat datang ke stasiun

Pastikan Anda tiba di stasiun dengan cukup waktu sebelum keberangkatan kereta. Cek jadwal keberangkatan dengan seksama untuk menghindari keterlambatan.

Usahakan tiba minimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari kemacetan di jalan raya khususnya di kota-kota besar dan memberi kesempatan kepada Anda dan anak-anak untuk menikmati suasana stasiun serta menikmati kuliner di sana.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Wisata yang Dekat Stasiun Kereta Api

4. Bawa barang bawaan secukupnya



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x