Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Manfaat Quinoa, Biji-bijian yang Lagi Populer Dikonsumsi Harian

Kompas.tv - 3 Mei 2024, 14:05 WIB
6-manfaat-quinoa-biji-bijian-yang-lagi-populer-dikonsumsi-harian
Ilustrasi menjaga kesehatan jantung. (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Quinoa adalah biji-bijian utuh yang semakin populer untuk menjadi pengganti nasi. Quinoa kaya akan protein, serat, serta berbagai vitamin dan mineral penting yang bebas gluten. 

Satu cangkir quinoa yang dimasak mengandung 225 kalori dan 39,4 g karbohidrat saja. Melansir laman Verywell Health, quinoa mengandung asam lemak omega-3, asam amino, mineral penting, dan protein. 

Makanan ini juga tinggi serat, mengandung magnesium, vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin E dan berbagai antioksidan bermanfaat. Menariknya, quinoa mengandung quercetin yang lebih tinggi dari cranberry.

Baca Juga: 6 Kondisi Kesehatan yang Dapat Turunkan Trombosit Selain DBD

Nutrisi ini penting untuk tubuh karena memiliki efek antiinflamasi, antivirus, antikanker, dan antidepresan.

Dikutip dari laman Healthline, berikut manfaat quinoa untuk kesehatan jika dikonsumsi setiap hari.

1. Menurunkan Berat Badan

Quinoa termasuk dalam jenis makanan tinggi serat, sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan berlebih. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa makanan sehat, termasuk quinoa, mampu menjaga metabolisme tubuh tetap lancar dan mengontrol nafsu makan.

Quinoa adalah alternatif yang bagus bagi orang dengan celiac atau intoleransi gluten karena bebas gluten. Quinoa menyediakan serat, protein, dan mineral tanpa gluten, memberikan pilihan yang aman untuk kelompok-kelompok tersebut.

2. Mengontrol Gula Darah

Manfaat quinoa selanjutnya adalah mengurangi kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil, terutama bagi penderita diabetes. Manfaat ini berasal dari kandungan serat, karbohidrat kompleks, vitamin dan mineral, serta antioksidan yang terkandung di dalam quinoa.

Selain itu, quinoa juga termasuk dalam jenis makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga tidak membuat kadar gula darah cepat melonjak.

3. Mencegah Sembelit dan Melancarkan Pencernaan



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x