Kompas TV lifestyle kesehatan

Aromanya Khas, Ini 8 Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan

Kompas.tv - 1 Februari 2024, 18:35 WIB
aromanya-khas-ini-8-manfaat-kecombrang-untuk-kesehatan
Kecombrang mengandung senyawa beragam, seperti saponin, tanin, sterol, dan terpenoid di rimpangnya. Sedangkan di bagian daun dan bunganya, ada senyawa flavonoid, kaemferol dan kuersetin. (Sumber: SHUTTERSTOCK/Mas Jono via Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra
Kecombrang mengandung senyawa beragam, seperti saponin, tanin, sterol, dan terpenoid di rimpangnya. Sedangkan di bagian daun dan bunganya, ada senyawa flavonoid, kaemferol dan kuersetin. (Sumber: SHUTTERSTOCK/Mas Jono via Kompas.com)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kecombrang atau honje adalah tanaman rempah-rempah yang berasal dari Asia Tenggara. Bunga kecombrang memiliki aroma yang khas dan biasanya digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan, seperti sambal.

Bunga kecombrang memiliki berjuta manfaat yang berkhasiat bagi tubuh manusia. Dilansir laman dinkes.pakpakbharatkab.go.id, kecombrang mengandung senyawa beragam, seperti saponin, tanin, sterol, dan terpenoid di rimpangnya. 

Sedangkan di bagian daun dan bunganya, ada senyawa flavonoid, kaemferol dan kuersetin. Berikut manfaat kecombrang untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Nasgor Kecombrang Jadi Jamuan Makan Siang Jokowi Bareng Ketum Parpol, Intip Manfaat dan Resepnya

8 Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan

1. Antikanker

Kecombrang mengandung senyawa flavonoid dan fenolik yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa-senyawa ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan kanker.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Science pada 2015 menunjukkan, ekstrak kecombrang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology pada 2016 menemukan, ekstrak kecombrang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

2. Meredakan panas dalam

Kecombrang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan panas dalam. Selain itu, kecombrang mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kecombrang dapat dibuat menjadi ramuan untuk meredakan panas dalam. Caranya, rebus bunga kecombrang dengan air dan gula merah. Lalu minum ramuan ini dua kali sehari.

3. Mencegah peradangan

Senyawa flavonoid dan fenolik dalam kecombrang juga dapat membantu mencegah peradangan. Peradangan merupakan salah satu penyebab berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology pada 2017 menunjukkan, ekstrak kecombrang dapat mengurangi peradangan pada tikus yang menderita diabetes.

4. Mencegah penyakit kronis



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x