Kompas TV lifestyle tren

Tema, Logo dan Sejarah Hari Guru Nasional 2023, Diperingati Tiap 25 November

Kompas.tv - 21 November 2023, 09:25 WIB
tema-logo-dan-sejarah-hari-guru-nasional-2023-diperingati-tiap-25-november
Ilustrasi hari guru. Hari Guru Nasional akan diperingati, Sabtu (25/11/2023) (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tiap 25 November, masyarakat Indonesia memperingati Hari Guru Nasional (HGN). Tahun ini, Hari Guru 2023 jatuh pada Sabtu 25 November.

Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November sejak 1994 untuk mengenang kembali berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan untuk menghormati jasa-jasa guru.

Selain itu, tujuan memperingati Hari Guru 2023 yakni memberikan dukungan kepada para guru, meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi di masa depan ditentukan oleh guru.

Tema Hari Guru Nasional 2023

Melansir laman kemdikbud.go.id, Selasa (21/11), Hari Guru Nasional 2023 mengangkat tema Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar.

Baca Juga: Tema dan Link Download Logo Hari Guru Nasional 2023 Format PNG dan PDF

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Meneladani semangat dan dedikasi guru sebagai pendidik profesional dan bermartabat. Serta, meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun karakter bangsa.

Sejarah Hari Guru Nasional 2023

Sejarah Hari Guru Nasional berawal berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November 1945 silam.

Baca Juga: Cara Daftar KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id, Segera Ditutup 20 November 2023

Organisasi tersebut dipelopori oleh para guru pribumi pada zaman Belanda, tepatnya pada 1912, sebagai bentuk perjuangan guru-guru masa itu mendirikan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

PGHB lantas tumbuh menjadi organisasi bersifat unitaristik karena anggotanya terdiri dari para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah yang umumnya bertugas di Sekolah Desa serta Sekolah Rakyat Angka Dua.

Meski berangkat dari banyak latar belakang yang berbeda-beda, PGHB tetap memiliki satu tujuan utama, yakni memperjuangkan kesejahteraan para anggotanya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x