Kompas TV lifestyle kesehatan

Mengenal 7 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jiwa

Kompas.tv - 20 Oktober 2023, 17:00 WIB
mengenal-7-makanan-yang-baik-untuk-menjaga-kesehatan-jiwa
Sayuran dan buah-buahan sehat penuh nutrisi dan membantu menurutkan berat badan. Ada beberapa sayuran yang ternyata ada dalam Alquran dan tumbuh subur di Indonesia, apa saja? (Sumber: Kompas/Tribunnews)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Beberapa makanan tertentu memiliki manfaat yang lebih besar untuk kesehatan mental daripada yang lain.

Dikutip dari laman gooddoctor.co.id, berikut adalah tujuh makanan untuk menjaga kesehatan jiwa:

1. Lemak ikan

Baca Juga: Bantuan Kesehatan Jiwa untuk Para Pengungsi Gempa Turki Termasuk Anak-anak

Lemak ikan, seperti yang ditemukan dalam salmon, tuna, dan sarden, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Asam lemak omega-3 telah terbukti membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi otak.

Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan di otak, yang dapat menyebabkan depresi, kecemasan, dan gangguan mental lainnya. Asam lemak omega-3 juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak, yang dapat membantu meningkatkan memori, konsentrasi, dan suasana hati.

2. Gandum utuh

Gandum utuh, seperti roti gandum utuh, oatmeal, dan nasi merah, merupakan sumber serat yang baik. Serat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Serat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat, yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kadar gula darah yang stabil dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi risiko depresi.

3. Sayuran hijau

Makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jiwa selanjutnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau, seperti bayam, kale, dan brokoli, merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik. 

Vitamin, mineral, dan antioksidan ini penting untuk kesehatan otak dan fungsi kognitif. Sayuran hijau mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan otak, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, dan magnesium. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x