Kompas TV lifestyle kesehatan

18 Oktober Hari Menopause Sedunia: Mengenal Sejarah, Fakta, hingga Pentingnya Kesadaran Ini

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 06:35 WIB
18-oktober-hari-menopause-sedunia-mengenal-sejarah-fakta-hingga-pentingnya-kesadaran-ini
Ilustrasi Dokter yang menjelaskan tentang Menopause (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Hari Menopause Sedunia yang jatuh pada 18 Oktober setiap tahunnya, adalah momen tepat untuk kita mengangkat isu penting yang terkadang terlupakan, yaitu menopause.

Menopause adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penurunan alami hormon reproduksi wanita, dimulai antara usia 45 hingga 55 tahun, ketika tubuh mengalami siklus menstruasi terakhirnya.

Beberapa gejala umum menopause meliputi hot flashes (serangan panas), night sweats (keringat malam), perubahan mood, dan gangguan tidur.

Semua gejala ini dapat menyebabkan peningkatan kecemasan dan depresi. Setelah menopause, wanita memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan kondisi seperti penyakit jantung dan osteoporosis.

Dikutip dari laman National Today, berikut ini adalah sejarah, fakta penting, dan cara memperingati Hari Menopause Sedunia.

Sejarah Hari Menopause Sedunia

Hari Menopause Sedunia pertama kali ditetapkan pada 1984 oleh World Health Organization (WHO) dan International Menopause Society (IMS) dengan tujuan meningkatkan kesadaran tentang kondisi yang memengaruhi perempuan seiring bertambahnya usia.

Selain menetapkan Hari Menopause Sedunia, WHO dan Masyarakat Menopause Internasional juga menetapkan bulan Oktober sebagai Bulan Menopause Sedunia sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran tentang tahap dalam hidup seorang wanita ketika dia berhenti menstruasi.

Tidak hanya itu, ditetapkannya Bulan Menopause Sedunia juga bertujuan meningkatkan kesadaran tentang penyakit kronis yang lebih mungkin memengaruhi wanita setelah menopause.

Bulan Menopause Dunia pertama kali diadakan pada Oktober 2014. Masyarakat Menopause Internasional mempromosikannya dan meluncurkan kampanye yang disebut "Prevention of Diseases After Menopause".

Tentunya hal tersebut dapat membantu wanita memahami masalah kesehatan yang mungkin terkait ketika mendekati, selama, dan setelah menopause.

Baca Juga: Simak 6 Perubahan yang Terjadi setelah Wanita Menopause dan Cara Meminimalisir Efeknya

Pada abad ke-19 di Inggris, dokter meresepkan campuran soda berkarbonasi sebelum makan untuk pasien-pasien menopause. Opium dan ganja juga diresepkan oleh dokter untuk mengatasi gejala menopause.

Pengobatan lainnya termasuk pemasangan perban besar (belladonna) di perut pasien, dan ada yang memberikan suntikan vagina dari asetat timbal. Dokter-dokter saat itu terkejut ketika histeria menjadi salah satu gejala yang muncul.

Pada 1890-an, dokter mulai meresepkan Ovariin. Ovariin dibuat dengan mengeringkan dan menghaluskan ovarium sapi.

Tindakan tersebut merupakan salah satu pengobatan yang pertama kali dikenal untuk gejala menopause yang tersedia secara komersial.

Pada 1930-an, menopause mulai digambarkan sebagai penyakit kekurangan. Seiring waktu, Terapi Penggantian Hormon (HRT) menjadi pengobatan umum dan merupakan pengobatan paling canggih untuk gejala menopause hingga saat ini.

Baca Juga: Efek Yang Disebabkan Oleh Menopause

Fakta-Fakta Penting Menopause

  • Insufisiensi ovarium primer adalah ketika ovarium seorang wanita berhenti berfungsi normal sebelum usia 40 tahun. Jadi bukan tidak mungkin jika wanita sebelum usia 40 tahun sudah mengalami menopause,
  • Perubahan tingkat hormon saat menopause dapat meningkatkan risiko penyakit, seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker,
  • Penelitian menunjukkan bahwa 94,5% wanita yang mengalami menopause melaporkan kesulitan tidur,
  • Perimenopause adalah periode transisi menuju menopause atau ketika tubuh bersiap untuk menopause yang dapat dimulai hingga 10 tahun sebelum menopause,
  • Setelah fase postmenopause, sebagian besar wanita melaporkan merasa lebih baik daripada sebelumnya.

Baca Juga: Tips Antisipasi Gejala Tak Nyaman Saat Memasuki Masa Menopause

Cara Memperingati Hari Menopause Sedunia

  • Bagikan informasi medis yang tersedia dengan International Menopause Society kepada orang-orang yang akan mengalami menopause,
  • Bentuklah komunitasmu untuk bekerja sama dalam mengorganisir diskusi tentang menopause dengan tenaga kesehatan yang berpengetahuan,
  • Jika kamu mengenal seseorang yang sedang mengalami menopause, bersikap sabar dan pahami, kamu juga dapat meminta mereka untuk berbagi pengalamannya.

Melalui Hari Menopause Sedunia, tentunya kita berharap dapat menghilangkan stigma seputar menopause, memberikan dukungan kepada perempuan yang mengalaminya, dan mendorong lebih banyak penelitian medis untuk pemahaman yang lebih baik tentang tahap ini dalam kehidupan wanita.




Sumber : National Today




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x