Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Utara Ledakkan Jalan Menuju Korea Selatan, Simbol Kerja Sama Kedua Negara

Kompas.tv - 15 Oktober 2024, 22:57 WIB
korea-utara-ledakkan-jalan-menuju-korea-selatan-simbol-kerja-sama-kedua-negara
Otoritas Korea Utara dilaporkan meledakkan jalan di wilayahnya yang menghubungkan negara tersebut dengan tetangganya, Korea Selatan, Selasa (15/10/2024). (Sumber: Yonhap)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

SEOUL, KOMPAS.TV – Otoritas Korea Utara dilaporkan meledakkan jalan di wilayahnya yang menghubungkan negara tersebut dengan tetangganya, Korea Selatan, Selasa (15/10/2024).

Hal itu dilaporkan Yonhap yang mengutip Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan.

Ledakan terjadi di bagian barat dan timur Semenanjung Korea, sekitar 10 meter dari Garis Demarkasi Militer (MDL). 

Ledakan pertama terjadi pada Selasa pukul 11:49 waktu setempat di jalur Gyeongui Line, dan yang kedua pada pukul 12:01 di jalur Donghae Line.

Pejabat JCS Korea Selatan menyatakan kerusakan signifikan terjadi pada jalur darat akibat ledakan tersebut.

"Militer Korea Utara melakukan peledakan yang diduga bertujuan untuk memutus jalur Gyeongui dan Donghae dan sedang melakukan kegiatan tambahan menggunakan alat berat," kata JCS Korea Selatan. 

"Militer kami terus memantau aktivitas militer Korea Utara dengan seksama dan menjaga kesiapan penuh melalui kerja sama Korea Selatan-AS."

Sebelumnya, militer Korea Selatan telah memperingatkan bahwa Korea Utara mungkin bersiap untuk meledakkan jalan-jalan tersebut. 

Dilansir TASS, pada 9 Oktober, Staf Umum Korea Utara menyatakan akan menutup semua jalan dan jalur kereta api menuju Korea Selatan, serta "mengubah perbatasan selatan menjadi benteng."

Pyongyang juga menyebut telah memulai "langkah-langkah praktis dalam pemisahan wilayah secara bertahap."

Militer Korea Selatan merilis rekaman video yang menunjukkan dampak dari ledakan di garis demarkasi barat, yang menghubungkan Paju di Korea Selatan dengan Kaesong di Korea Utara.

Baca Juga: Ketegangan di Korea Meningkat, Korea Utara Ledakkan Sebagian Jalan Antar-Korea

Layar televisi menampilkan laporan mengenai Korea Utara meledakkan sebagian jalan yang menghubungkan dengan Korea Selatan, di Stasiun Kereta Seoul, Seoul, Korea Selatan, Selasa (15/10/2024). (Sumber: AP Photo/Ahn Young-joon)

 

Video tersebut memperlihatkan ekskavator dan truk yang membersihkan lokasi peledakan. Kerusakan di jalur transportasi sangat signifikan.




Sumber : Yonhap/TASS




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x