Kompas TV internasional kompas dunia

Hizbullah Luncurkan Rudal ke Markas Mossad di Tel Aviv, Jarak Terjauh Hingga Saat Ini

Kompas.tv - 25 September 2024, 18:00 WIB
hizbullah-luncurkan-rudal-ke-markas-mossad-di-tel-aviv-jarak-terjauh-hingga-saat-ini
Sistem pertahanan udara Iron Dome Israel melepaskan tembakan untuk mencegat roket yang diluncurkan dari Lebanon, di Israel utara, Selasa, 24 September 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BEIRUT, KOMPAS TV — Hizbullah meluncurkan rudal ke markas Mossad dekat Tel Aviv hari Rabu pagi, 25 September 2024, menandai serangan terjauh mereka ke Israel, sebuah eskalasi lebih lanjut setelah serangan Israel di Lebanon yang telah menewaskan ratusan orang. 

Militer Israel mengklaim berhasil mencegat rudal permukaan-ke-permukaan yang memicu sirene serangan udara di Tel Aviv dan seluruh Israel tengah, dan tidak ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan. Militer Israel menyatakan telah menyerang lokasi di Lebanon selatan dari mana rudal tersebut diluncurkan.

Hizbullah mengungkapkan mereka menembakkan rudal balistik Qader 1 yang menargetkan markas agen intelijen Mossad Israel, yang mereka tuduh bertanggung jawab atas serangkaian pembunuhan yang ditargetkan terhadap komandan-komandan teratas mereka dan atas serangan pekan lalu yang melibatkan bahan peledak yang disembunyikan dalam pager dan walkie-talkie, yang menewaskan puluhan orang dan melukai ribuan, termasuk banyak anggota Hizbullah.

Militer Israel menyatakan ini adalah pertama kalinya proyektil yang ditembakkan dari Lebanon mencapai Israel tengah.

Hizbullah mengklaim telah menargetkan basis intelijen dekat Tel Aviv bulan lalu dalam serangan udara, tetapi tidak ada konfirmasi atas klaim tersebut. Kelompok militan Palestina Hamas di Gaza juga telah berulang kali menargetkan Tel Aviv di bulan-bulan awal perang ini.

Peluncuran rudal ini meningkatkan ketegangan saat kawasan tersebut tampak menuju perang total, sementara Israel terus berperang melawan Hamas di Jalur Gaza. Gelombang serangan Israel pada Senin dan Selasa telah menewaskan setidaknya 560 orang di Lebanon dan memaksa ribuan orang mencari perlindungan.

Keluarga-keluarga melarikan diri dari Lebanon selatan, berbondong-bondong ke Beirut dan kota pesisir Sidon, tidur di sekolah-sekolah yang dijadikan tempat penampungan, serta di mobil, taman, dan sepanjang pantai. Beberapa berusaha meninggalkan negara itu, menyebabkan kemacetan di perbatasan dengan Suriah.

Israel menyatakan pada Selasa malam bahwa jet tempur mereka melakukan "serangan luas" terhadap senjata dan peluncur roket Hizbullah di seluruh Lebanon selatan dan di wilayah Bekaa di utara. Militer Israel menyatakan tidak memiliki rencana segera untuk invasi darat tetapi menolak memberikan jadwal untuk serangan udara tersebut.

Baca Juga: Tel Aviv Bakal Gencarkan Serangan ke Lebanon, Berikut Lini Masa Ketegangan Israel vs Hizbullah

Rumah yang hancur akibat serangan udara Israel di desa Khiam, terlihat dari kota Marjayoun, Lebanon selatan, Selasa, 24 September 2024. (Sumber: AP Photo)

Ketegangan antara Israel dan kelompok militan Lebanon ini telah meningkat secara bertahap selama 11 bulan terakhir. Hizbullah menembakkan roket, rudal, dan drone ke Israel utara sebagai bentuk solidaritas dengan rakyat Palestina di Gaza dan Hamas, kelompok militan yang didukung Iran.

Israel merespons dengan serangan udara yang semakin berat dan pembunuhan terarah terhadap komandan Hizbullah, sambil mengancam operasi yang lebih luas. Dewan Keamanan PBB telah menjadwalkan pertemuan darurat mengenai Lebanon pada hari Rabu atas permintaan Prancis.

Hampir satu tahun pertikaian antara Hizbullah dan Israel telah memindahkan puluhan ribu orang di kedua sisi perbatasan sebelum eskalasi minggu ini. Israel telah bersumpah untuk melakukan apa pun yang diperlukan agar warganya dapat kembali ke rumah di utara, sementara Hizbullah mengatakan akan terus melakukan serangan rudal hingga ada gencatan senjata di Gaza, yang tampaknya semakin jauh dari kenyataan.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x