Kompas TV internasional kompas dunia

Mengupas Dua Musuh Bebuyutan Kunci Perang Gaza: Siapkah Netanyahu dan Sinwar Hentikan Perang?

Kompas.tv - 28 Agustus 2024, 22:05 WIB
mengupas-dua-musuh-bebuyutan-kunci-perang-gaza-siapkah-netanyahu-dan-sinwar-hentikan-perang
PM Israel Benjamin Netanyahu, kiri, di Ramat Gan, Israel, pada 8 Juni 2024, dan pemimpin Hamas Yahya Sinwar di Gaza, 13 April 2022. Mereka musuh bebuyutan yang terkenal sebagai negosiator tangguh, dan tahu hasil perundingan akan menentukan warisan mereka. Dalam kasus Sinwar, soal hidup atau mati. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

GAZA, KOMPAS.TV – Di balik negosiasi gencatan senjata terbaru di Gaza, beserta berbagai kebuntuan yang sudah sering terjadi dan seruan dari berbagai penjuru dunia, terdapat sebuah kebenaran suram terkait upaya selama berbulan-bulan untuk mengakhiri perang Israel-Hamas dan membebaskan puluhan sandera. 

Setiap kesepakatan harus mendapatkan tanda tangan dua pria ini: Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dan pemimpin Hamas, Yahya Sinwar. 

Mereka musuh bebuyutan yang terkenal sebagai negosiator tangguh, dan tahu hasil perundingan akan menentukan warisan mereka. Dalam kasus Sinwar, soal hidup atau mati.

Keduanya punya insentif kuat untuk mengakhiri perang, tetapi mereka mungkin juga berpikir bahwa mempertahankan posisi lebih lama akan lebih menguntungkan dibandingkan kesepakatan yang tidak memenuhi tuntutan mereka. 

Perang mungkin lebih disukai daripada kesepakatan yang dianggap kurang menguntungkan.

Baca Juga: Ekonomi Israel Kian Terpuruk akibat Kebijakan Netanyahu Serang Gaza, Didesak Segera Akhiri Perang

Jaksa ICC Karim Khan mengajukan surat perintah penangkapan untuk PM Israel Netanyahu, kanan atas, dan Menhan Gallant, kanan bawah. Permintaan ini juga mencakup para pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, kiri atas, Yahya Sinwar, kiri bawah, dan Mohammed Diab Ibrahim al-Masri, yang juga dikenal sebagai Mohammed Deif, tidak ada foto. (Sumber: AP Photo)

Apa yang Diinginkan Netanyahu?

Netanyahu berjanji untuk mencapai "kemenangan total" atas Hamas dan mengembalikan semua sandera yang ditahan di Gaza, dua tujuan yang banyak dianggap tidak dapat dicapai bersamaan. 

Dia berada di bawah tekanan besar dari keluarga para sandera dan sebagian besar masyarakat Israel untuk mencapai kesepakatan guna membawa mereka pulang, meskipun itu berarti Hamas yang babak belur tetap bertahan. Amerika Serikat (AS), yang memberikan bantuan militer penting dan dukungan diplomatik kepada Israel, juga mendesak tercapainya kesepakatan semacam itu.

Namun, koalisi pemerintahan Netanyahu bergantung pada menteri-menteri sayap kanan yang menginginkan pendudukan permanen di Gaza dan mengancam akan menggulingkan pemerintah jika dia menyerah terlalu banyak. 

Ini bisa memaksa digelarnya pemilihan dipercepat yang dapat mengusirnya dari kekuasaan pada saat dia sedang diadili atas kasus korupsi.

Semakin lama perang berlangsung, semakin besar kemungkinan Israel mencapai sesuatu yang menyerupai kemenangan, seperti membunuh Sinwar atau menyelamatkan lebih banyak sandera.

Baca Juga: Di Tengah Pesimisme, Delegasi Hamas Tiba di Kairo Bahas Gencatan Senjata Gaza dengan Mediator

Ini juga memberi Netanyahu lebih banyak waktu untuk memperbaiki posisi politiknya dan membentuk kembali warisannya. Namun, ini juga membawa risiko karena jumlah tentara yang tewas dalam aksi terus meningkat dan Israel semakin terisolasi akibat penderitaan yang ditimpakan pada warga Palestina.

Netanyahu juga berselisih dengan menteri pertahanannya mengenai akhir dari konflik ini. 

Media Israel dipenuhi laporan yang mengutip pejabat keamanan senior anonim yang frustrasi dengan Netanyahu, terutama tuntutannya untuk mempertahankan kontrol atas dua koridor strategis di Gaza. Beberapa bahkan menuduhnya sengaja merusak negosiasi.

Baik Israel maupun Hamas mengeklaim telah menerima versi berbeda dari proposal gencatan senjata yang didukung AS, sementara tetap menyarankan perubahan dan menuduh pihak lain mengajukan tuntutan yang tidak dapat diterima.

Yohanan Plesner, kepala Institut Demokrasi Israel, mengakui kemarahan yang diarahkan pada Netanyahu di media lokal dan di sebagian masyarakat Israel. Namun, ia mengatakan bahwa Sinwar paling banyak disalahkan atas kebuntuan karena dia menunjukkan sedikit minat untuk berkompromi.

Baca Juga: Perundingan Buntu, Israel Ngotot Gelar Pasukan di Koridor Philadelphi, Mesir dan Hamas Keras Menolak

Pemimpin baru Hamas, Yahya Sinwar di Gaza. (Sumber: Anadolu)

Apa yang Diinginkan Sinwar?

Sinwar ingin mengakhiri perang, tetapi dengan syarat-syarat yang ditetapkan Hamas. Serangan Israel telah menewaskan lebih dari 40.500 orang, menurut pejabat kesehatan setempat, mengusir 90% penduduk Gaza, dan menghancurkan kota-kota utamanya. Hamas telah kehilangan ribuan pejuang dan banyak infrastruktur militan mereka.

Satu-satunya alat tawar-menawar Sinwar adalah sekitar 110 sandera yang masih ditahan di Gaza, sekitar sepertiga dari mereka diyakini telah meninggal. 

Dan dia membutuhkan lebih dari sekadar jeda sementara dalam pertempuran jika dia berharap bisa menyelamatkan sesuatu yang menyerupai kemenangan dari serangan 7 Oktober yang dia bantu rancang.

Itu dimulai dengan jaminan bahwa Israel tidak akan melanjutkan perang setelah beberapa atau semua sandera dibebaskan. 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x