Kompas TV internasional kompas dunia

AS Ucapkan Selamat HUT ke-79 RI, Tegaskan Pentingnya Menjaga Kemitraan Strategis

Kompas.tv - 17 Agustus 2024, 16:10 WIB
as-ucapkan-selamat-hut-ke-79-ri-tegaskan-pentingnya-menjaga-kemitraan-strategis
Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony John Blinken di Amman, Yordania, Selasa (11/6/2024). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia kepada seluruh rakyat Indonesia. 

Ucapan tersebut disampaikan melalui pernyataan resmi yang dirilis oleh Kedutaan Besar AS di Jakarta pada Sabtu (17/8/2024).

"Atas nama Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia atas Hari Kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Blinken dalam pernyataan tersebut dikutip dari Antara.

"Pada Hari Kemerdekaan ini, kami menyampaikan harapan terbaik kami untuk rakyat Indonesia," ucapnya.

Blinken menekankan pentingnya menjaga hubungan bilateral yang telah terjalin selama 75 tahun antara kedua negara, seraya menyoroti komitmen bersama dalam memajukan demokrasi dan menghormati supremasi hukum.

Dalam pernyataannya, Blinken juga menyampaikan pencapaian penting dalam hubungan AS-Indonesia, yaitu peningkatan status hubungan bilateral menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif. 

Baca Juga: Profil Kamala Harris: Dari Jaksa, Wakil Presiden, hingga Calon Pemimpin Amerika Serikat

Pengumuman itu pertama kali dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Joe Biden pada November tahun lalu, menandai babak baru yang bersejarah dalam hubungan kedua negara.

Selain menyampaikan ucapan selamat HUT RI, Blinken juga mengucapkan selamat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang terpilih sebagai Presiden RI berikutnya. 

Ia berharap kerja sama yang telah terjalin erat antara kedua negara dapat terus diperluas di bawah kepemimpinan baru.

Beberapa isu yang menjadi perhatian bersama, di antaranya membina perdamaian dan keamanan di Indo-Pasifik, mengatasi krisis iklim dan transisi energi bersih, dan mendorong transformasi digital Indonesia.

Blinken menegaskan bahwa Amerika Serikat akan terus bermitra dengan Indonesia, baik secara bilateral maupun melalui keterlibatan dengan ASEAN, untuk mendorong stabilitas dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik. 

Ia menekankan bahwa hubungan yang kuat dan berkelanjutan antara kedua negara sangat penting bagi kemakmuran bersama di kawasan tersebut. 

Baca Juga: [FULL] Perdana! Detik-Detik Pengibaran Bendera Merah Putih di IKN Paskibraka Upacara HUT ke-79 RI




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x