Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Ingin Lanjut Pilpres AS, Lebih dari 30 Anggota Kongres Demokrat Malah Memintanya Mundur

Kompas.tv - 20 Juli 2024, 13:55 WIB
biden-ingin-lanjut-pilpres-as-lebih-dari-30-anggota-kongres-demokrat-malah-memintanya-mundur
Presiden Joe Biden berpidato di KTT Kemakmuran 2024, Selasa, 16 Juli 2024, di Las Vegas Utara, Nevada. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden keukeuh maju ke pemilihan presiden (pilpres) AS pada 2024.

Biden yang saat ini tengah dikarantina karena Covid-19, menegaskan berharap kembali berkampanye pekan depan.

Hal itu memperkuat komitmennya untuk tetap bersaing ketika semakin banyak anggota Partai Demokrat yang memintanya untuk mundur sebagai calon presiden dari partai itu.

Baca Juga: Netanyahu Ngamuk Mahkamah Internasional ICJ Putuskan Pendudukan Israel di Wilayah Palestina Ilegal

“Pertaruhannya sangat tinggi, dan pilihannya sangat jelas. Bersama, kami akan menang,” ujar Biden dikutip dari BBC Internasional.

Namun, daftar anggota kongres dari Demokrat yang menyerukannya untuk segera mundur telah melebihi 30 orang, pada Jumat (19/7/2024).

Dikutip dari The Guardian, Biden sendiri dilaporkan marah terhadap tokoh senior yang ikut mendesaknya untuk mundur.

Di antara mereka antara lain adalah mantan Ketua DPR AS Nancy Pelosi, yang mencoba meyakinkan Biden tentang penurunan jumlah jajak pendapatnya.

Begitu juga dengan Barack Obama, serta Bill dan Hillary Clinton, yang dilaporkan membuat Biden merasa mereka telah melemahkannya lewat keheningan mereka yang mencolok.

Pelosi yang merupakan salah satu sekutu penting Biden, mengatakan dirinya telah menggunakan pengetahuannya atas data jajak pendapat dan peta politik untuk meyakinkan Biden bahwa posisinya lemah.

Namun, Biden menegaskan bahwa dirinya memiliki bukti jajak pendapat yang menurutnya ia mampu menang.

Data yang dimaksud adalah data yang didapatkan dar staf-nya, Mike Donilon.

Namun, ketika ia membuat argumen mengenai itu ke Pelosi, sang mantan ketua DPR menyuruhnya memberikan telepon ke Donilon, sehingga ia bisa membalasnya dengan jajak pendapat miliknya.

Hal itu mengimplikasikan bahwa Biden tidak mendapatkan informasi yang seutuhnya.

Tekanan publik semakin intens, ketika pada Kamis (18/7/2024), Senator Demokrat Jon Tester dari Montana dan Martin Heinrich di New Mexico secara public menyerukan Biden untuk segera menyingkir.

Baca Juga: Fakta-Fakta Pemadaman Massal Microsoft yang Sebabkan Layar Biru dan Gangguan Global

Lebih dari 30 lebih anggota Kongres dari Demokrat, yang secara terbuka menyerukan penarikan dirinya, juga telah melakukannya secara pribadi.

Empat anggota Kongres, Jared Huffman (California), Marc Beasey (Texas), Chuy Garcia (Illinois), dan Mark Pocan (Wisconsin), mengeluarkan permohonan bersama pada Jumat.

Tiga seruan berbeda agar Biden mundur juga muncul dari Zoe Lofgren (California), sekutu dekat Pelosi, Sean Castern (Illinois) dan Greg Landsman (Ohio).




Sumber : BBC Internasional/The Guardian




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x