Kompas TV internasional kompas dunia

Kim Jong Un Kian Dikultuskan, Pejabat Korea Utara Mulai Pakai Pin dengan Gambar Wajahnya

Kompas.tv - 5 Juli 2024, 16:06 WIB
kim-jong-un-kian-dikultuskan-pejabat-korea-utara-mulai-pakai-pin-dengan-gambar-wajahnya
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengawasi latihan perang militer Korea Utara, Rabu (6/3/2024). (Sumber: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un semakin dikultuskan setelah pin dengan gambar wajahnya mulai dipakai para pejabat negara itu.

Hal itu disebut sebagai upaya Kim Jong-un untuk mencapai level pengultusan yang sama dengan ayahnya Kim Jong-il, dan kakeknya Kim Il-sung.

Warga Korea Utara diharuskan memakai pin di bagian dada mereka yang selama beberapa dekade bergambar Kim Il-sung, atau Kim Jong-il, atau keduanya.

Baca Juga: Korea Utara Larang Pengantin Pria Menggendong Istrinya dan Pakai Gaun Pernikahan Putih, Ini Sebabnya

Keeradaan pin yang didedikasikan untuk Kim Jong-un belum diverifikasi sampai media pemerintah menerbitkan foto pada Minggu (30/6/2024), yang memperlihatkan pejabat Korea Utara mengenakan pin itu.

Mereka memakainya pada pertemuan partai berkuasa Korea Utara, Partai Buruh.

Dikutip dari ABC News, pin tersebut merupakan bagian dari mitologi yang disponsori negara, yang memperlakukan Kim Il-sung dan Kim Jong-il seperti dewa.

Mereka diabadikan dengan banyak patung di seluruh Korea Utara, dan ulang tahun mereka adalah dua hari libur utama kedua negara tersebut.

Selain itu, potret mereka juga digantung di semua rumah dan kantor di Korea Utara.



Sumber : ABC News



BERITA LAINNYA



Close Ads x