Kompas TV internasional kompas dunia

Sekelompok Pria Bantu Jemaah Haji Tersesat di Mekah, Menteri Arab Saudi Soroti Pentingnya Hal Ini

Kompas.tv - 13 Juni 2024, 15:45 WIB
sekelompok-pria-bantu-jemaah-haji-tersesat-di-mekah-menteri-arab-saudi-soroti-pentingnya-hal-ini
Jemaah haji melaksanakan salat di sekitar Kakbah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, dalam pelaksanaan ibadah haji, 25 Juni 2023. (Sumber: AP Photo/Amr Nabil)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Tito Dirhantoro

MEKAH, KOMPAS.TV - Sekelompok pria di Arab Saudi dilaporkan telah membantu jemaah haji yang tersesat di jalan.

Hal itu membuat Menteri Urusan Haji Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah memberikan pujian dan menyoroti pentingnya kartu identitas khusus Haji.

Sebelumnya, gerombolan pria baik hati tersebut viral setelah terekam membantu jemaah Haji yang tersesat hingga ke jalan raya di Mekkah.

Baca Juga: Sosok Bryan Sukidi, Siswa Indonesia Peraih Penghargaan Bakat Luar Biasa di AS

Para pria tersebut kemudian membawa sang jemaah haji tersebut kembali ke tempat tinggalnya berkat kartu identitas yang dikenal sebagai Kartu Nusuk. 

Dikutip dari Arab News, Rabu (12/6/2024), para pria tersebut memindai barkode di Kartu Nusuk milik sang jemaah, dan kemudian menemukan informasi tempat ia tinggal selama melaksanakan ibadah Haji.

Saat kembali ke tempat tinggalnya, jemaah Haji itu tak lupa berterima kasih sembari menawarkan uang kepada para pria tersebut. Namun, mereka menolaknya.

Pria di video itu mengatakan bahwa ini merupakan kedua kalinya ia mengalami situasi seperti itu. Adapun kejadian pertama kali menimpa jemaah Haji dari India.

Tawfiq pun memuji sikap para pria tersebut. Ia menggarisbawahi pentingnya Kartu Nusuk, yang akan memberikan para jemaah akses ke setiap lokasi suci. Juga memfasilitasi petualangan Haji mereka dengan berbagai layanan.

Baca Juga: Putin Disebut Tak akan Tewas Karena Kecelakaan Pesawat, Hal Ini yang Disombongkan Rusia

Menurut kementerian, kartu tersebut harus dibawa selama periode Haji, sejak tiba dan di sekitar area suci, hingga kepulangan jemaah ke negaranya masing-masing.

Adapun ibadah Haji merupakan salah satu Rukun Islam, yang mengharuskan setiap muslim dewasa untuk melakukan ibadah Haji ke Mekah jika mampu baik secara fisik maupun finansial.



Sumber : Arab News



BERITA LAINNYA



Close Ads x