Kompas TV internasional kompas dunia

Indonesia Bersiap Ikuti World Expo 2025 di Osaka, Ajak Warga Jepang Kunjungi Paviliun RI

Kompas.tv - 3 Juni 2024, 16:05 WIB
indonesia-bersiap-ikuti-world-expo-2025-di-osaka-ajak-warga-jepang-kunjungi-paviliun-ri
Suasana acara Indonesia-Japan Friendship Day (IFJD) di Sendai, Prefektur Miyagi, Jepang, Minggu (2/6/2024). (Sumber: KBRI Tokyo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

SENDAI, KOMPAS.TV - Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi menyatakan bahwa Indonesia siap berpartisipasi dalam World Expo 2025 di Osaka, Jepang. Menurutnya, tahun 2025 akan menjadi momentum penting bagi diplomasi Indonesia diJepang.

Hal tersebut disampaikan Dubes Heri saat memberikan sambutan di Festival Indonesia (FESTINA) di Sendai, Prefektur Miyagi, Jepang, Minggu (2/6/2024). Acara ini merupakan bagian dari program Indonesia-Japan Friendship Day (IFJD), program promosi dan pelayanan terpadu Indonesia di Sendai pada 31 Mei-2 Juni 2024.

Baca Juga: Bertemu Dubes, Menag RI Sampaikan Komitmen Percepatan Sertifikasi Halal Indonesia di Jepang

FESTINA sendiri dilaporkan dihadiri lebih dari 200 warga Indonesia dan Jepang. Dubes Heri pun mengajak warga Jepang untuk mengunjungi Paviliun Indonesia di World Expo 2025 mendatnag.

"2025 penting bagi misi Indonesia di Jepang, Indonesia akan berpartisipasi dalam World Expo 2025 di Osaka. Oleh karenanya, saya mengajak saudara-saudara semua untuk hadir mengunjungi Paviliun Indonesia yang mengusung tema Alam, Budaya, dan Masa Depan yang sesuai dengan semangat tujuan pembangunan berkelanjutan," kata Dubes Heri dalam siaran pers KBRI Tokyo yang diterima Kompas TV.

"Paviliun Indonesia akan hadir strategis bersebelahan dengan paviliun dari Australia dan juga sejumlah organisasi Internasional."

Selama IJFD Sendai 2024, KBRI Tokyo dilaporkan turut menyelenggarakan pelayanan dan konsultasi kekonsuleran serta lainnya seperti pelayanan pendidikan dan keuangan bagi WNI. Program ini disebut dihadiri lebih dari 300 warga dan diaspora Indonesia di Jepang.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Hari menekankan pentingnya lapor diri WNI di Jepang ke KBRI Tokyo. Pihak KBRI pun mempromosikan produk-produk Indonesia dalam bazar mini di Festina.

Dalam rangka kegiatan IJFD Sendari 2024, Dubes Heri pun dilaporkan bertemu dengan Gubernur Miyagi Murai Yoshihiro untuk membahas penguatan kerja sama ketenagakerjaan, riset, dan industri halal.

Selain itu, Dubes Heri bertemu Wali Kota Sendai Kohri Kazuko. Heri mendorng dibentuknya asosiasi masyarakat Indonesia dan Sendai untuk memperkuat komunikasi dan saling percaya antara kedua bangsa.

Dubes RI juga bertemu dengan rektor Universitas Tohoku untuk menjajaki kerja sama program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) serta meninjau dan berdialog dengan mahasiswa Indonesia di Sendai Iryo Fukushi Vocational College.

Saat menghadiri serangakaian kegiatan di IJFD Sendai 2024, Dubes RI didampingi oleh istrinya, Nuning Akhmadi, Koordinator Fungsi Politik Ali Andika Wardhana, Koordinator Fungsi Protokol Konsuler Titi Nahilal Hamzah, dan sejumlah pejabat KBRI Tokyo lainnya seperti Counsellor Pensosbud, Pendidikan, Atase Keuangan serta Atase Perdagangan.

Baca Juga: Pesantren Indonesia Pertama di Jepang Diresmikan, Diharapkan Jadi Pusat Pendidikan bagi WNI



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x