Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Iran Ebrahim Raisi Akan Dimakamkan 23 Mei di Kota Mashhad

Kompas.tv - 21 Mei 2024, 09:54 WIB
presiden-iran-ebrahim-raisi-akan-dimakamkan-23-mei-di-kota-mashhad
Presiden Iran Ebrahim Raisi berbicara dalam peringatan meninggalnya Jenderal Garda Revolusi Iran Qassem Soleimani yang tewas dalam serangan drone Amerika Serikat di Irak pada 2020, di Masjid Raya Imam Khomeini, Teheran, Iran, 3 Januari 2024. (Sumber: AP Photo/Vahid Salemi)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

 

TEHERAN, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Iran Mohsen Mansouri mengatakan Presiden Iran Ebrahim Raisi akan dimakamkan pada Kamis (23/5/2024) di kota Mashhad di bagian timur laut Iran.

Mansouri mengumumkan pemakaman Raisi akan digelar di Mausoleum Imam Reza yang terletak di Mashhad, kampung halaman Raisi dan pusat ziarah serta salah satu tempat suci utama kaum Syiah.

"Upacara pemakaman Ayatollah Raisi akan berlangsung pada Kamis malam di mausoleum Imam Reza," katanya kepada IRIB TV, Senin (20/5/2024), seperti dilansir TASS.

Mansouri ditunjuk sebagai ketua panitia penyelenggara pemakaman Raisi dan para korban lainnya yang tewas dalam peristiwa jatuhnya helikopter kepresidenan Iran pada Minggu (19/5/2024) lalu.

Dia menyatakan jenazah para korban akan dikirim ke Teheran dan pada Selasa malam akan diadakan "upacara perpisahan bagi para martir di masjid Teheran." 

Di Iran, semua orang tak bersalah yang terbunuh dan yang meninggal demi keadilan, termasuk dalam perang dan bencana, dianggap sebagai martir. 

Sementara pemakaman para politikus yang tewas saat menemani Raisi, akan diadakan secara terpisah di kota Qom, Teheran, Tabriz dan di salah satu kota di provinsi Khorasan Selatan.

Baca Juga: Tim Penyelamat Berhasil Mengevakuasi Jenazah Presiden Iran, Ebrahim Raisi

Seperti yang diketahui, helikopter yang membawa presiden Iran jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur, Iran, Minggu.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, dan Imam Tabriz Mohammad Ali Ale-Hashem juga berada di dalam helikopter tersebut. 

Kepala Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran Pir Hossein Kolivand mengatakan semua penumpang dan kru helikopter, tewas dalam peristiwa tersebut. 

Sebuah komisi pun telah dibentuk untuk menyelidiki penyebab jatuhnya helikopter tersebut. 

Menurut laporan kantor berita Iran, IRNA, helikopter yang membawa Presiden Raisi jatuh "karena kegagalan teknis". Namun, IRNA tidak memerinci "kegagalan teknis" tersebut.

Posisi Raisi akan diisi Wakil Presiden Pertama Mohammad Mokhber yang bakal menjadi Penjabat Presiden Iran.

Pemilihan presiden dini dijadwalkan bakal dilangsungkan pada 28 Juni mendatang. 

Baca Juga: Deretan Ucapan Duka Untuk Presiden Iran Ebrahim Raisi dari Presiden Jokowi Hingga Vladimir Putin


 



Sumber : TASS/IRNA



BERITA LAINNYA



Close Ads x