Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Kebakaran Jenggot Turki Hentikan Hubungan Perdagangan, Langsung Hina Erdogan

Kompas.tv - 3 Mei 2024, 10:30 WIB
israel-kebakaran-jenggot-turki-hentikan-hubungan-perdagangan-langsung-hina-erdogan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Sumber: TASS)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

ANKARA, KOMPAS.TV - Turki membuat Israel kebakaran jenggot dengan menghentikan hubungan perdagangan dengan negara Zionis itu karena kondisi Gaza.

Kementerian Perdagangan Turki menegaskan mengambil langkah tersebut hingga Israel mengizinkan masuknya bantuan ke Gaza tanpa gangguan dan tak terputus.

Perdagangan antara kedua negara bernilai nyaris USD7 miliar atau setara Rp120 triliun per tahun.

Baca Juga: AS Desak Hamas Terima Proposal Gencatan Senjata dengan Israel

Menteri Luar Negeri Israel pun bereaksi atas langkah tersebut dengan menghina Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebagai diktator.

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz di media sosial X menyebut Erdogan telah mengabaikan kepentingan rakyat Turki dan pengusaha, serta mengabaikan perjanjian dagang internasional.

“Erdogan memutus kesepakatan-kesepakatan dengan memblokade impor dan ekspor Israel. Beginilah cara seorang diktator berperilaku, mengabaikan kepentingan rakyat dan pengusaha Turki, dan mengabaikan perjanjian dagang internasional,” tulis Israel Katz di X. 

“Saya telah menginstruksikan Direktur Jenderal Kemlu Israel untuk segera berinteraksi dengan semua pihak terkait di pemerintahan untuk menciptakan alternatif perdagangan dengan Turki, dengan focus pada produksi lokal dan impor dari negara lain.”

Sebelumnya, pada pernyataannya, Turki menegaskan penghentian hubungan perdagangan itu mencakup semua produk.

“Turki dengan ketat dan tegas menerapkan langkah-langkah baru ini sampai pemerintah Israel mengizinkan aliran bantuan kemanusiaan yang tak diganggu ke Gaza,” bunyi pernyataan Kementerian Perdagangan Turki dikutip dari BBC, Jumat (3/5/2024).



Sumber : Kompas TV/BBC



BERITA LAINNYA



Close Ads x