Kompas TV internasional kompas dunia

49 Persen Kaum Muda Amerika Serikat Yakin Israel Lakukan Genosida di Gaza

Kompas.tv - 30 Januari 2024, 23:42 WIB
49-persen-kaum-muda-amerika-serikat-yakin-israel-lakukan-genosida-di-gaza
Jenazah ayah dan anaknya yang terbunuh pengeboman Israel di Jalur Gaza, Minggu (22/10/2023). Jumlah pemuda Amerika yang yakin bahwa serangan Israel di Gaza merupakan genosida semakin meningkat, 49% responden berusia 18-29 tahun setuju Israel melakukan genosida, 24% tidak setuju dan 27% ragu. (Sumber: AP Photo/Fatima Shbair)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Jumlah kaum muda Amerika yang yakin serangan Israel di Gaza merupakan genosida semakin meningkat. Mereka mendesak pemerintahan Biden untuk mendukung gencatan senjata demi menyelamatkan nyawa. 

Lebih dari sepertiga penduduk Amerika Serikat (AS) meyakini bahwa Israel melakukan genosida terhadap rakyat Palestina, menurut hasil jajak pendapat yang dipublikasikan pada Rabu (24/1/2024) seperti laporan Anadolu, Selasa (30/1/2024).

Seiring majunya Mahkamah Internasional ICJ dalam menuntut Israel atas tuduhan genosida terkait perilaku perang di Gaza yang terkepung, data jajak pendapat yang dirilis hari Rabu lalu menunjukkan bahwa mereka yang berusia 18-29 tahun jauh lebih cenderung setuju bahwa Israel melakukan genosida di Gaza dibanding kelompok usia lain.

Menurut jajak pendapat Economist/YouGov, jumlah pemuda Amerika yang yakin bahwa serangan Israel di Gaza merupakan genosida semakin meningkat, 49% responden berusia 18-29 tahun setuju Israel melakukan genosida, 24% tidak setuju, dan 27% ragu.

Sementara itu jumlah orang dewasa yang percaya serangan Israel terhadap Palestina, yang diperkirakan telah menewaskan lebih dari 26.000 orang sejak 7 Oktober, dianggap sebagai genosida hampir sama besar: 35% mengatakan ya, 36% mengatakan tidak, dan 29% tidak yakin.

Angka-angka tersebut sejajar dengan pandangan umum dari pemilih Demokrat terdaftar, yang percaya sebesar 49%, yang tidak percaya 21% pada karakterisasi genosida, sementara 30% tidak yakin ada genosida di Gaza yang dilakukan oleh Israel.

Para pemilih Partai Republik jauh lebih mendukung tindakan Israel, dengan 57% responden mengatakan tidak ada genosida, hanya 18% yang mengatakan ada, dan persis satu perempat tidak yakin.

Baca Juga: Mahkamah Internasional Perintahkan Israel Stop Bunuh Rakyat Palestina di Gaza, Kasus Genosida Lanjut

Jenazah-jenazah warga Palestina yang tewas diserang Israel di Rafah, Jalur Gaza, Selasa, (12/12/2023). Jumlah pemuda Amerika yang yakin bahwa serangan Israel di Gaza merupakan genosida semakin meningkat, 49% responden berusia 18-29 tahun setuju Israel melakukan genosida, 24% tidak setuju dan 27% ragu. (Sumber: AP Photo/Fatima Shbair)

Ara Roslop, mahasiswa berusia 21 tahun dari American University di Washington, D.C., mengatakan kepada Anadolu bahwa dia pernah mengunjungi Tepi Barat yang diduduki dan memiliki teman Palestina yang keluarganya tinggal di Gaza.

Ditanya apakah menurutnya apa yang terjadi di Gaza merupakan genosida, Roslop menjawab, "Ya, menurut saya begitu. Atau setidaknya pembersihan etnis, dan setidaknya kejahatan perang."

Dia mendesak pemerintahan Biden untuk mendukung gencatan senjata, menambahkan bahwa harus ada "upaya serius untuk membangun kembali Gaza."

"Yang terjadi di Gaza benar-benar gila," tambah Roslop.

Will Belluche, 21 tahun, mahasiswa di universitas yang sama, mengatakan bahwa dia telah mengikuti berita terkait Gaza di media sosial dan juga surat kabar, seperti Haaretz dari Israel.

"Saya telah mengikuti putusan ICJ, dan saya bukan ahli hukum tentang genosida," ujarnya, merujuk pada pengadilan internasional di Den Haag, Belanda, yang memberikan putusan sementara pekan lalu dalam kasus genosida terhadap Israel yang diajukan oleh Afrika Selatan.

"Tapi sangat mengerikan melihat pemerintahan (Perdana Menteri Israel Benjamin) Netanyahu mencoba mendorong semua orang Palestina keluar dari Gaza."

Dia menyatakan bahwa terjadi penargetan massal terhadap warga sipil dan penghancuran sengaja terhadap infrastruktur sipil, dengan mencatat rumah sakit dan universitas yang hancur.

Baca Juga: Sejarah Genosida Jadi Kejahatan Internasional, dan Alasan Afrika Selatan Menuduh Israel Melakukannya




Sumber : Anadolu / YouGov / Economist



BERITA LAINNYA



Close Ads x