Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Dilaporkan Siap Izinkan Kapal Mendarat di Pantai Gaza Membawa Bantuan

Kompas.tv - 1 Januari 2024, 02:05 WIB
israel-dilaporkan-siap-izinkan-kapal-mendarat-di-pantai-gaza-membawa-bantuan
Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen, hari Minggu (31/12/2023), menyatakan kesiapan Israel untuk segera membuka jalur bantuan laut ke Jalur Gaza yang dilanda perang. Ini merupakan bagian dari usulan koridor laut dari Siprus, dengan empat negara Eropa disebut sebagai calon peserta. (Sumber: Arab News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen, hari Minggu (31/12/2023), menyatakan kesiapan Israel untuk segera membuka jalur bantuan laut ke Jalur Gaza yang dilanda perang. Ini merupakan bagian dari usulan koridor laut dari Siprus, dengan empat negara Eropa disebut sebagai calon peserta.

Pada awalnya diusulkan oleh Nicosia pada November, rencana tersebut melibatkan inspeksi keamanan kargo di pelabuhan Larnaka, Siprus, sebelum dikirimkan ke pantai Gaza yang berjarak 370 km. Ini akan menjadi pelonggaran pertama blokade laut Israel sejak 2007, saat kelompok militan Hamas merebut kendali di enklaf Palestina ini.

Israel menjelaskan koridor ini sebagai cara untuk mengakhiri keterlibatan sipilnya dengan Gaza, yang telah menjadi sasaran serangan selama 12 minggu sebagai tanggapan terhadap serangan penembakan lintas batas dan penculikan oleh Hamas.

Dengan ratusan ribu warga Palestina terusir, rencana ini juga diharapkan dapat memenuhi resolusi Dewan Keamanan PBB pada 22 Desember yang menyerukan mekanisme bantuan kemanusiaan yang lebih luas.

“Ini bisa dimulai segera,” kata Menteri Luar Negeri Eli Cohen kepada stasiun radio Tel Aviv 103 FM ketika ditanya tentang koridor Laut Tengah ini.

Cohen menyebut Inggris, Prancis, Yunani, dan Belanda sebagai negara-negara yang memiliki kapal-kapal yang dapat langsung mendarat di pantai Gaza yang tidak memiliki pelabuhan berair dalam. Ia tampaknya mengharapkan mereka untuk melakukan itu daripada membongkar bantuan di Israel.

Baca Juga: Netanyahu Klaim Moralitas Israel Tak Tertandingi, Bantah Tuduhan Afsel di Mahkamah Internasional

Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen, hari Minggu (31/12/2023), menyatakan kesiapan Israel untuk segera membuka jalur bantuan laut ke Jalur Gaza yang dilanda perang. Ini merupakan bagian dari usulan koridor laut dari Siprus, dengan empat negara Eropa disebut sebagai calon peserta. (Sumber: AP Graphics)

"Mereka meminta agar peralatan datang melalui (pelabuhan Israel) Ashdod. Jawabannya tidak. Itu tidak akan melalui Ashdod. Itu tidak akan melalui Israel. Kami ingin pemisahan, dengan kontrol keamanan. Itu adalah tujuan dari proses ini," kata Cohen.

Belum ada tanggapan langsung dari London, Paris, Athena, atau Amsterdam.

Inggris dan Yunani sebelumnya telah menyatakan dukungan untuk inisiatif Siprus, dengan Inggris menawarkan kapal-kapal berpendaratan dangkal untuk mendekati pantai Gaza, menurut pejabat senior Siprus.

Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis, juga mendukung rencana Siprus, yang melibatkan agen keamanan Israel dalam pemeriksaan di Larnaka.

"Sejauh ini, ada blokade maritim, dan jika kapal (bantuan) datang dari Larnaka, itu akan dengan persetujuan kami," kata Cohen. "Tentu saja, itu akan menjadi koridor yang aman, karena kami tidak bermaksud membahayakan kapal Inggris atau Prancis yang datang berkoordinasi dengan kami."

Beberapa negara donor Eropa dan Arab telah mengirimkan bantuan ke Gaza melalui kota pesisir Mesir yang terdekat, Al Arish. Israel telah terlibat dalam pemantauan pengiriman tersebut, yang menurut beberapa lembaga bantuan kemanusiaan menciptakan keterlambatan.

Kairo melacak lalu lintas di sepanjang perbatasan Gaza dan menolak adanya aliran pengungsi Palestina. Pada 31 Desember, Israel menandakan bahwa mereka akan mengambil alih kontrol zona perbatasan Gaza-Mesir sebagai bagian dari upaya mereka untuk demiliterisasi enklaf itu.




Sumber : Straits Times




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x