Kompas TV internasional kompas dunia

Senator AS: Gedung Putih Beri Bantuan Militer kepada Israel Tanpa Syarat

Kompas.tv - 30 November 2023, 11:04 WIB
senator-as-gedung-putih-beri-bantuan-militer-kepada-israel-tanpa-syarat
Lebih dari dua belas anggota legislatif negara dan aktivis di Amerika Serikat, termasuk aktris Cynthia Nixon, hari Selasa, (28/11/2023) telah memulai mogok makan menuntut presiden Amerika Serikat Joe Biden mewujudkan gencatan senjata permanen di Gaza. (Sumber: Twitter)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Deni Muliya

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan mengatakan kepada anggota parlemen pekan ini bahwa Gedung Putih tidak berusaha memberikan persyaratan akan bantuan militer yang mereka berikan ke Israel. 

Senator Chris Van Hollen merupakan salah satu senator yang bertemu secara pribadi dengan Sullivan pada hari Selasa.

Ia mengatakan kepada The Associated Press pada hari Rabu, bahwa Gedung Putih tidak meminta persyaratan apa pun dalam hal memberikan bantuan kepada Israel. 

Sullivan bertemu dengan sekitar selusin senator Partai Demokrat untuk membahas pertanyaan mereka tentang bagaimana pemerintah akan memastikan bahwa senjata AS yang diberikan kepada Israel digunakan sesuai dengan hukum AS.

Pertemuan tersebut dilakukan melalui telekonferensi di mana Sullivan berada di Gedung Putih dan para senator berada di ruang rahasia di Capitol Hill. 

Baca Juga: Blunder Israel Menyamakan Hamas dengan Teroris ISIS, padahal Perbedaannya Sangat Tajam

Hal ini terjadi ketika beberapa anggota parlemen progresif yang prihatin dengan jumlah korban sipil, menyarankan agar AS menetapkan persyaratan mengenai jenis bantuan militer, dan bagaimana bantuan tersebut dapat digunakan oleh pasukan Israel untuk melawan sasaran Hamas.

Pekan lalu, Biden mengatakan kepada wartawan bahwa memberikan bantuan militer ke Israel adalah “pemikiran yang bermanfaat.”

Namun dia menyatakan, jika dia melakukan hal ini lebih awal, akan lebih sulit untuk menjamin pembebasan sandera yang ditahan oleh Hamas.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x