Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi akan Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA 2034

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 03:05 WIB
arab-saudi-akan-calonkan-diri-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-fifa-2034
Arab Saudi hari Rabu, (4/10/2023) mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034, menjadi tuan rumah semua pertandingan, menyederhanakan perjalanan, mengoptimalkan jadwal pertandingan, dan memberikan pengalaman unik di berbagai stadion tuan rumah dan kota. (Sumber: StadiumDB)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

RIYADH, KOMPAS.TV - Arab Saudi pada Rabu (4/10/2023) mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034.

Dipimpin Federasi Sepak Bola Arab Saudi, penawaran ini dimaksudkan untuk menyelenggarakan turnamen kelas dunia dan akan mengambil inspirasi dari transformasi sosial dan ekonomi Arab Saudi yang sedang berlangsung serta gairah mendalam Kerajaan ini terhadap sepak bola.

Penawaran perdana Arab Saudi ini didukung oleh pengalaman mereka dalam menyelenggarakan acara sepak bola kelas dunia dan rencana mereka untuk menyambut penggemar dari seluruh dunia pada Piala Dunia Klub FIFA 2023 dan Piala Asia AFC 2027.

Mengomentari niat untuk mengajukan penawaran, Putra Mahkota Mohammed bin Salman menekankan, keinginan Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 adalah cerminan kemajuan Kerajaan ini di berbagai sektor, seperti yang dilaporkan oleh Arab News, Kamis (5/10/2023).

Kerajaan ini dengan cepat menjadi pusat utama dan tujuan internasional untuk menyelenggarakan acara-acara besar berkat warisan budaya yang kaya, kekuatan ekonomi, dan ambisi rakyatnya.

Dalam visi Arab Saudi 2030, olahraga memainkan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara dan meningkatkan kualitas hidup semua orang serta punya kemampuan unik untuk menyatukan dan menggabungkan berbagai budaya.

Sebagai tuan rumah yang terkenal untuk beberapa acara olahraga global terbesar sejak 2018, Arab Saudi menjadi tuan rumah lebih dari 50 acara internasional untuk atlet pria dan wanita, termasuk sepak bola, olahraga motor, tenis, pacuan kuda, esports, dan golf.

Baca Juga: Piala Dunia 2030 Digelar di 6 Negara di 3 Benua, Edisi Khusus Peringati 100 Tahun Turnamen

Trofi Piala Dunia. Arab Saudi hari Rabu, (4/10/2023) mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034, menjadi tuan rumah semua pertandingan, menyederhanakan perjalanan, mengoptimalkan jadwal pertandingan, dan memberikan pengalaman unik di berbagai stadion tuan rumah dan kota. (Sumber: fifa.com)

Arab Saudi lolos ke turnamen ikonik ini sebanyak enam kali sejak 1994, yang terakhir pada 2022, ketika Green Falcons meraih kemenangan bersejarah atas juara Argentina.

Menteri Olahraga Pangeran Abdulaziz bin Turki berkata, "menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 akan membantu kami mencapai impian menjadi bangsa terkemuka dalam olahraga dunia dan akan menjadi tonggak penting dalam transformasi negara ini. Sebagai tuan rumah yang muncul dan ramah bagi semua olahraga, kami percaya menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA adalah langkah alami dalam perjalanan sepak bola kami."

Melalui niatnya untuk mengajukan penawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, Kerajaan ini berkeinginan untuk memberikan pengalaman yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi semua orang di seluruh dunia.

"Keberhasilan terbaru Kerajaan dalam menyelenggarakan acara olahraga internasional besar dalam berbagai cabang olahraga dan kemenangan hak menjadi tuan rumah banyak turnamen internasional dalam beberapa tahun mendatang adalah bukti terbaik dari posisi istimewa yang dicapai oleh negara kami, menjadikannya lokasi ideal dan istimewa untuk menyelenggarakan edisi Piala Dunia yang luar biasa," kata Pangeran Abdulaziz.



Sumber : Arab News



BERITA LAINNYA



Close Ads x