Kompas TV internasional kompas dunia

Implosi Kapal Selam Titan: Kenapa dan Bagaimana Titan Bisa Meledak dan Menewaskan Penumpang

Kompas.tv - 23 Juni 2023, 07:43 WIB
implosi-kapal-selam-titan-kenapa-dan-bagaimana-titan-bisa-meledak-dan-menewaskan-penumpang
Satuan penjaga pantai Amerika Serikat hari Kamis, (22/6/2023) waktu Boston memastikan serpihan yang ditemukan 1.600 kaki dari bagian depan kapal Titanic adalah milik kapal selam mini Titan yang hilang. Serpihan menjadi bukti bahwa Titan mungkin mengalami implosi yang menghancurkan selama menyelam turun ke lokasi Titanic hari Minggu lalu. (Sumber: New York Post)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

BOSTON, KOMPAS.TV - Satuan penjaga pantai Amerika Serikat hari Kamis, (22/6/2023) waktu Boston memastikan serpihan yang ditemukan 1.600 kaki dari bagian depan kapal Titanic adalah milik kapal selam mini Titan yang hilang.

Serpihan tersebut menjadi bukti bahwa kapal selam mini tersebut kemungkinan mengalami implosi yang menghancurkan selama menyelam turun ke lokasi Titanic hari Minggu lalu, seperti yang dilaporkan oleh Insider pada Jumat, (23/6/2023).

Implosi pada dasarnya merupakan kebalikan persis dari ledakan. Alih-alih tekanan dari dalam yang bergerak ke luar, implosi adalah tekanan dari luar bergerak ke dalam. Seperti ledakan, kemungkinan tidak akan banyak tersisa dari kapal selam mini dan muatannya.

Ledakan ke dalam atau implosi adalah proses ketika objek dihancurkan dengan runtuh (atau terimpit) pada objek itu sendiri. Meledak dengan arah tekanan ke dalam, berkebalikan dari ledakan (yang memperluas volume) yang menyebar ke arah luar, implosi mengurangi volume yang ditempati dan memusatkan materi dan energi.

Contoh ledakan ke dalam termasuk kapal selam yang dihancurkan dari luar oleh tekanan hidrostatis air di sekitarnya dan keruntuhan bintang masif di bawah tekanan gravitasinya.

Menurut Journal of Physics, implosi  adalah runtuhnya materi secara tiba-tiba di dalam area tertutup akibat perbedaan tekanan yang signifikan. Fenomena ini dapat terjadi pada gelembung kavitasi, gelembung gas yang disebabkan oleh ledakan di bawah air atau tangki tertutup yang terkena tekanan eksternal (misalnya, tekanan hidrostatik).

Baca Juga: Tim Penyelamat Menyatakan Seluruh Penumpang Kapal Selam Titan Tewas

Implosi pada dasarnya merupakan kebalikan persis dari ledakan. Alih-alih tekanan dari dalam yang bergerak ke luar, implosi adalah tekanan dari luar bergerak ke dalam. Seperti ledakan, kemungkinan tidak akan banyak tersisa dari kapal selam mini dan muatannya. (Sumber: Wikipedia)

Kapal selam mini dirancang untuk menahan tekanan air yang sangat tinggi, seperti di kedalaman 4 sampai 5 kilometer di bawah permukaan laut. Di sana, tekanan air sekitar 400 kali lebih besar daripada di permukaan laut.

Namun, kerusakan atau cacat pada lambung kapal selam mini dapat menyebabkan kebocoran yang akan memicu implosi seketika di bawah tekanan ekstrem tersebut.




Sumber : Insider




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x