Kompas TV internasional kompas dunia

Tepi Barat Memanas, Remaja Putri Palestina Tewas Kena Tembak Pasukan Israel

Kompas.tv - 12 Desember 2022, 17:04 WIB
tepi-barat-memanas-remaja-putri-palestina-tewas-kena-tembak-pasukan-israel
Ilustrasi. Warga Palestina menonton kendaran yang terbakar usai serangan Israel ke Nablus, Tepi Barat, Selasa (25/10/2022). (Sumber: Majdi Mohammed/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

RAMALLAH, KOMPAS.TV - Pasukan Israel dilaporkan menembak seorang remaja putri Palestina hingga tewas dalam operasi penangkapan di kawasan Tepi Barat, Senin (12/12/2022) dini hari waktu setempat. Belum diketahui bagaimana gadis ini bisa ditembak hingga tewas atau apakah ada unsur kesengajaan.

Rumah Sakit Umum Khalil Suleiman melaporkan bahwa korban, Jana Zakaran (16), ditemukan dengan luka tembak di kepala dan dinyatakan meninggal dunia. 

Melansir Associated Press, insiden ini terjadi ketika pasukan Israel menggelar operasi penangkapan di Jenin, utara Tepi Barat. Jenazah Zakaran ditemukan keluarganya di atap rumahnya sendiri usai pasukan Israel menarik diri dari Jenin.

Baca Juga: Ceritakan Aksi Zionis dalam Peristiwa Nakba Palestina, Film Farha Diserang Buzzer, Sutradara Diteror

Pihak Angkatan Bersenjata Israel mengaku mengetahui kabar remaja putri tewas dalam operasi pasukannya. Tel Aviv menyebut investigasi atas insiden ini tengah dilakukan.

Militer Israel menambahkan bahwa pihaknya menangkap tiga orang Palestina di Jenin yang diduga meluncurkan serangan ke orang Israel.

Lebih lanjut, Tel Aviv melaporkan terjadi baku tembak hebat antara tentara dan milisi Palestina ketika operasi. Sepuluh orang Palestina lain juga ditangkap dalam sejumlah operasi di Tepi Barat malam tadi.

Peristiwa tersebut menambah daftar insiden kekerasan Israel-Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem Timur pada tahun ini. Sepanjang 2002, terdapat 150 warga Palestina yang tewas akibat kekerasan, menjadikan tahun 2022 paling mematikan bagi Palestina sejak 2006.

Militer Israel menyebut orang Palestina yang tewas adalah milisi. Namun, demonstran dan pihak lain yang tidak terlibat konfrontasi juga terbunuh.

Sementara itu, Israel melaporkan setidaknya 31 orang tewas akibat serangan Palestina di Tepi Barat pada tahun ini.

Baca Juga: PBB Sepakat Peringati 75 Tahun Tragedi Nakba Palestina, Israel Meradang



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x