Kompas TV internasional kompas dunia

Begini Rasanya Jadi Orang Pertama di Dunia dengan Transplantasi Lengan Ganda: Akhirnya Bisa Memeluk

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 22:05 WIB
begini-rasanya-jadi-orang-pertama-di-dunia-dengan-transplantasi-lengan-ganda-akhirnya-bisa-memeluk
Felix Gretarsson, orang pertama di dunia yang menjalani transplantasi lengan ganda. (Sumber: Instagram/@felix_gretarsson)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Felix Gretarsson namanya, seorang ahli listrik yang berhasil menjalani transplantasi lengan ganda pertama di dunia.

Kisah ini bermula saat Gretarsson mengalami kecelakaan saat bekerja. Dia tersengat listrik di Islandia tahun 1998 yang membuatnya kehilangan dua lengan sekaligus.

Felix Gretarsson akhirnya mendapatkan kesempatan untuk melakukan operasi pada tahun 2021. Operasi tersebut dilakukan setelah lima tahun menunggu donor yang tepat.

Dia menjalani operasi di Perancis selama 15 jam.

Baca Juga: Transplantasi Hati untuk Anak Sangat Rumit, Waspadai Penyakit Hepatitis Akut Sedini Mungkin

Setelah melewati panjangnya tahap pemulihan, Gretarsson kini bisa berjalan-jalan dengan anjingnya, menyikat gigi, dan melakukan tos.

Dalam wawancaranya baru-baru ini, Felix Gretarsson menceritakan bagaimana proses transplantasi lengan ganda itu terjadi.

Dia bilang, dokter menghubungkan sarafnya dengan saraf pendonor tepat di bawah tulang selangka, di mana saraf tersebut tumbuh di dalam tube. 

“Saraf terhubung di sini di suatu tempat di bawah tulang selangka dan saraf mereka tumbuh di dalam tube ini,” jelas Felix Gretarsson, mengutip New York Post, Rabu (15/6/2022).

“Jadi mereka menghubungkan tube saya ke tube donor dan saraf di dalam lengan donor, mereka menghilang seiring waktu, dan saraf saya mulai tumbuh,” lanjutnya.

Baca Juga: Kisah Transplantasi Penis Pertama di Dunia, Bisa Berfungsi Normal Lagi




Sumber : New York Post




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x