Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Tentara Rusia Telah Kepung Setidaknya 4 Kota Besar Ukraina, Ini Rangkuman 15 Hari Invasi

Kompas.tv - 11 Maret 2022, 16:39 WIB
tentara-rusia-telah-kepung-setidaknya-4-kota-besar-ukraina-ini-rangkuman-15-hari-invasi
Rusia dituduh melakukan terorisme nuklir setelah menyerang reaktor nuklir di sebuah institut di Kharkiv, Ukraina, Kamis (10/3/2022). Memasuki invasi Rusia ke Ukraina hari ke-15, tentara Rusia telah mengepung setidaknya empat kota utama dan terus merangsek batas ibu kota Kiev. (Sumber: Twitter@WARUKRAINE2022)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Desy Afrianti

KIEV, KOMPAS.TV – Memasuki invasi Rusia ke Ukraina hari ke-15 pada Kamis (10/3/2022), tentara Rusia telah mengepung setidaknya empat kota utama dan terus merangsek batas ibu kota Kiev.

Sejauh ini, ibu kota masih tetap berada di bawah kendali Ukraina, namun risiko terkepung kian meningkat. Para pengamat meyakini, Rusia masih bertujuan merebut Kiev.

Berikut rangkuman situasi Perang Rusia-Ukraina di lapangan, berdasarkan pernyataan kedua belah pihak, sumber-sumber intelijen dan pertahanan Barat serta organisasi internasional, seperti dikutip dari AFP:

Pergerakan tentara Rusia menyerbu Ukraina memasuki hari ke-15 pada Kamis (10/3/2022). (Sumber: Grafis AFP)

Sisi Timur

Menurut sumber Barat, Kharkiv tetap berada di bawah kendali Ukraina kendati dibombardir intens oleh Rusia. Kota itu tampaknya kini terkepung.

Tentara Rusia yang masuk melalui utara juga merangsek melalui wilayah separatis Donetsk dan Luhansk yang didukung Rusia.

Kota Sumy di timur laut Ukraina kini dikepung oleh tentara Rusia. Namun, ribuan warga bisa keluar melalui koridor kemanusiaan.

Baca Juga: Menlu Rusia Klaim Pasukan Ukraina Gunakan Perisai Manusia untuk Lindungi Diri

Kiev dan Sisi Utara

Kiev tetap berada di bawah kendali Ukraina kendati dibombardir. Para pengamat Barat menyebut deretan ratusan kendaraan Rusia di luar Kiev. 

Tim AFP melihat kendaraan bersenjata Rusia bergerak ke ujung timur laut Kiev, makin merangsek mengepung ibu kota Ukraina.

Namun, kementerian pertahanan Inggris menyatakan, tentara Rusia terus menderita kehilangan saat berhadapan dengan pasukan Ukraina.

Tentara Ukraina juga mempertahankan kendali Chernihiv. Pada beberapa hari terakhir, kota di wilayah utara itu mengalami banyak korban jiwa dari warga sipil dan tampaknya telah terkepung.




Sumber : AFP




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x