Kompas TV internasional kompas dunia

Massa Peziarah Hindu di India Saling Berdesakan, Sedikitnya 12 Tewas Terinjak-Injak

Kompas.tv - 1 Januari 2022, 22:34 WIB
massa-peziarah-hindu-di-india-saling-berdesakan-sedikitnya-12-tewas-terinjak-injak
Para peziarah Hindu tampak mengantri untuk masuk ke gua suci di kuil Mata Vaishnav Devi, menyusul insiden saling berdesakan di Katra, India, Sabtu (1/1/2022). Insiden itu menyebabkan sedikitnya 12 orang peziarah tewas terinjak-injak, dan 15 orang lainnya terluka. (Sumber: AP Photo/Channi Anand)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

SRINAGAR, KOMPAS.TV – Gelombang massa ziarah yang berdesak-desakan di sebuah kuil Hindu di Kashmir, India, menewaskan sedikitnya 12 orang dan melukai 15 lainnya, Sabtu (1/1/2022).

Laporan awal menyebut, bentrokan antara sekelompok umat menyebabkan mereka berdesakan dan tewas akibat terinjak-injak di kuil Mata Vaishav Devi di puncak bukit.

Pada hari pertama tahun 2022 itu, puluhan ribu umat Hindu berkumpul untuk memberi penghormatan di gua suci di kuil yang terletak di puncak bukit di Katra dekat Jammu, selatan India.

“Ada sesuatu yang terjadi di dekat salah satu gerbang, dan tiba-tiba saja saya sudah terinjak-injak orang-orang. Saya tercekik dan jatuh, tapi entah bagaimana berhasil berdiri,” ujar Mahesh, dikutip dari Associated Press.

Baca Juga: Bus Peziarah Tabrak Gedung di Meksiko, Setidaknya 19 Orang Tewas

“Saya melihat orang-orang berjalan di atas mayat-mayat. Sungguh mengerikan, tapi saya berhasil membantu beberapa orang yang terluka,” ujarnya.

“Dua dari teman saya tewas terinjak-injak,” ucap Priyansh, salah seorang peziarah.

Priyansh dan 10 orang temannya datang dari New Delhi dan tiba pada Jumat (31/12) malam untuk berziarah. 

Mengutip keterangan dari kepala polisi Dilbag Singh, kantor berita Press Trust of India menyatakan, pihak berwenang setempat langsung merespon.

Gelombang massa segera dibubarkan, dan ziarah kembali berlanjut setelah hampir 4 jam kemudian. 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x