Kompas TV internasional kompas dunia

Setelah Topan Tauktae Hantam Pesisir Barat, Kini Topan Yaas Ancam Terjang Pesisir Timur India

Kompas.tv - 24 Mei 2021, 21:02 WIB
setelah-topan-tauktae-hantam-pesisir-barat-kini-topan-yaas-ancam-terjang-pesisir-timur-india
Seorang warga tampak melintas di pantai Puri di pesisir Teluk Benggala di Odisha, India, Senin (24/5/2021). Topan Yaas diperkirakan akan melanda negara bagian Benggala Barat dan Odisha di kawasan pesisir timur India dalam dua hari ke depan. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

NEW DELHI, KOMPAS.TV – Beberapa hari setelah badai meluluhlantakkan pesisir barat India dan menewaskan sedikitnya 140 orang, India kini diancam topan lain. Pesisir timur India terancam topan yang kini tengah terbentuk di Teluk Benggala.

Melansir Associated Press, Senin (24/5/2021), Topan Yaas diperkirakan akan menerjang pada Rabu (26/5/2021) mendatang. Departemen Meteorologi India menyatakan, topan ini dapat membawa angin berkekuatan hingga 165 kilometer per jam. Badai diperkirakan akan menghantam negara bagian Benggala Timur dan Odisha.

Tim tanggap bencana telah diterjunkan di kedua negara bagian untuk mengantisipasi kemungkinan operasi penyelamatan dan pemulihan. Penduduk di kawasan pesisir sudah mulai dievakuasi.

Angkatan Udara dan Angkatan Laut India juga telah mempersiapkan beberapa unit helikopter dan kapal untuk mengantisipasi operasi bantuan.

Baca Juga: Topan Tauktae Terjang India, 16 Tewas, AL India Sisir Laut Arab Cari Korban Kapal Tongkang Tenggelam

Topan Yaas akan menjadi topan kedua yang menghantam India dalam 10 hari terakhir setelah Topan Tauktae. Pekan lalu, Topan Tauktae menerjang negara-negara bagian di barat India dan menewaskan sedikitnya 140 orang.

Hampir 70 orang di antara korban tewas merupakan pekerja kapal tongkang yang hanyut dan tenggelam di lepas pantai Mumbai saat badai menghantam.

Kedua badai topan ini terjadi saat India tengah berjibaku memerangi wabah Covid-19. Terjangan badai membuat upaya penanganan Covid-19, juga penyelamatan para korban akibat badai, kian rumit.

Di negara tetangga Bangladesh, pihak berwenang telah meminta seluruh kapal nelayan yang berada di utara Teluk Benggala dan laut dalam agar segera berpindah mendekat ke pesisir di tengah ancaman Topan Yaas.

Baca Juga: Badai Besar Hantam Teluk Benggala India, 120 Orang Dilaporkan Tewas

Badan Meteorologi Bangladesh di Dhaka menyatakan, seluruh kapal harus meninggalkan pelabuhan maritim Chattogram, Mongla, Cox’s Bazar dan Payra.

Para ilmuwan menyatakan, topan di India kini terhitung lebih sering melanda, dan perubahan pola iklim telah menyebabkan topan-topan itu berkembang lebih kuat.

Pada Mei lalu, hampir 100 orang tewas saat Topan Amphan melanda. Topan Amphan merupakan badai topan terkuat yang menghantam kawasan timur India selama lebih dari satu dekade belakangan.

Topan Amphan meratakan desa-desa, menghancurkan pertanian dan membuat jutaan penduduk dilanda mati listrik di India timur dan Bangladesh.

Baca Juga: Angkatan Laut India Temukan 22 Mayat dari Tongkang yang Tenggelam




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x