Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Apa itu Serangan Jantung Senyap? Gejalanya Nyaris Tidak Terdeteksi

Kompas.tv - 18 Desember 2021, 07:10 WIB
apa-itu-serangan-jantung-senyap-gejalanya-nyaris-tidak-terdeteksi
Ilustrasi. Sebagian besar orang yang mengalami serangan jantung mengalami gejala tradisional berupa ketidaknyamanan atau nyeri dada, dan keringat dingin. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagian besar orang yang mengalami serangan jantung mengalami gejala tradisional berupa ketidaknyamanan atau nyeri dada, dan keringat dingin.

Tetapi bagaimana jika korban serangan jantung mengalami gejala atipikal atau tidak ada gejala sama sekali? Peristiwa ini disebut sebagai serangan jantung "senyap" dan lebih umum, serta berbahaya - daripada yang Anda kira.

Untuk lebih memahami apa itu serangan jantung diam dan gejalanya, ahli jantung Curtis Rimmerman, MD, menjelaskannya, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Apa itu serangan jantung senyap?

Serangan jantung senyap adalah serangan di mana seseorang tidak mengalami gejala, gejala ringan, atau serangkaian gejala yang biasanya tidak diidentifikasi sebagai penyebab serangan jantung.

Mungkin bahaya terbesar dari serangan jantung senyap adalah kurangnya perawatan yang diterima seseorang.

Terlebih, seseorang tidak akan menerima perawatan jika tidak tahu bahwa dirinya mengalami serangan jantung. Tetapi bahkan jika Anda tidak mengalami gejala tradisional, serangan jantung diam masih menyebabkan kerusakan pada jantung Anda dan memerlukan perawatan dan pemantauan.

Bagaimana Anda mengobati serangan jantung senyap?

Beberapa orang yang serangan jantungnya tidak dikenali mengetahuinya berminggu-minggu atau berbulan-bulan kemudian, saat mereka mengunjungi dokter mereka, seringkali untuk pemeriksaan fisik tahunan.

“Kita dapat mengetahui ukuran serangan jantung dari seberapa banyak otot jantung yang telah rusak, seringkali pada elektrokardiogram (EKG), atau bahkan lebih tepatnya pada ultrasound jantung, atau ekokardiogram,” kata DrRimmerman.

Sebagian orang mengunjungi dokter mereka segera setelah serangan jantung diam karena mereka mengalami gejala terus-menerus seperti kelelahan dan sesak napas.

Terkadang gejala ini disebabkan oleh katup mitral yang bocor, yang disebabkan oleh jaringan parut pada otot jantung Anda dan disfungsi katup terkait setelah serangan jantung.

Komplikasi serius dapat terjadi, termasuk gagal jantung dekompensasi, gangguan irama jantung, dan kehilangan kesadaran.

“Sementara gejala serangan jantung atipikal paling umum di antara wanita dan penderita diabetes, mereka bisa terjadi pada siapa saja,” kata Dr Rimmerman.

Gejala yang tidak boleh Anda abaikan

Hanya karena serangan jantung diam tidak memiliki gejala spesifik tidak berarti tidak mungkin untuk mencari tanda-tanda lain bahwa ada sesuatu yang salah. Berikut ini adalah gejala atipikal yang mungkin terkait dengan serangan jantung diam.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x