Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Indonesia dan Jepang Tandatangani Protokol Perubahan IJEPA

Kompas.tv - 9 Agustus 2024, 04:00 WIB
indonesia-dan-jepang-tandatangani-protokol-perubahan-ijepa
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) dalam acara penandatanganan Protokol Perubahan Indonesia–Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) bersama Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa yang digelar secara virtual pada Kamis (8/8/2024). (Sumber: Dok. KBRI Tokyo)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia dan Jepang menandatangani Protokol Perubahan Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) atau Perjanjian Kemitraan Ekonomi Indonesia-Jepang, Kamis (8/8/2024).

IJEPA merupakan perjanjian bilateral ekonomi pertama yang dimiliki Indonesia sejak diimplementasikan pada 1 Juli 2008.

Setelah Peninjauan Umum tahun 2018, kedua negara sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral ekonomi dalam kerangka yang lebih modern melalui Protokol Perubahan.

Penandatanganan ini menjadi momen bersejarah setelah melalui perundingan panjang dan intensif selama lima tahun.

Penyelesaian substantif perundingan Protokol Perubahan IJEPA diumumkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo pada 16 Desember 2023.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berharap poin-poin kesepakatan IJEPA dapat segera diimplementasikan dan dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan kedua negara. 

Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara penandatanganan Protokol Perubahan IJEPA bersama Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa yang digelar secara virtual pada Kamis.

Baca Juga: Analisis Ekonom Terkait Melambatnya Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Kuartal II-2024

”Kami berharap poin-poin kesepakatan IJEPA dapat segera diimplementasikan dan dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan kedua negara,” kata Zulkifli, dikutip dari keterangan tertulis Kedubes RI (KBRI) Tokyo.

Kesepakatan ekonomi strategis ini mencakup beberapa aspek penting dalam hubungan perdagangan antara Indonesia dan Jepang.

Salah satu sorotan dari kesepakatan ini adalah perbaikan akses pasar bagi produk ekspor Indonesia ke Jepang untuk 112 pos tarif, termasuk produk olahan ikan Indonesia.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x