Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Diresmikan, Pangkas Waktu Tempuh dari 2 Jam Jadi 45 Menit

Kompas.tv - 10 Juli 2024, 04:35 WIB
jalan-tol-cimanggis-cibitung-diresmikan-pangkas-waktu-tempuh-dari-2-jam-jadi-45-menit
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin meresmikan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung yang melintasi kawasan Jabodetabek, pada Selasa (9/7/2024). (Sumber: BPMI Setwapres)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

BOGOR, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meresmikan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung yang melintasi kawasan Jabodetabek pada Selasa (9/7/2024).

Ma’ruf mengatakan keberadaan jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cibitung menjadi sekitar 30–45 menit dari sebelumnya 1–2 jam melalui jalan arteri.

Hal itu ia sampaikan saat meresmikan tol sepanjang 26,18 kilometer tersebut. Acara peresmian digelar tepatnya di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400, Jalan Tol Cimanggis–Cibitung, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

“Konektivitas antarkawasan di wilayah Jakarta dan sekitarnya diharapkan dapat meningkat dengan terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dengan jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek,” kata Ma’ruf dalam keterangan resminya.

Ia menyampaikan, Jalan Tol Cimanggis–Cibitung yang juga merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN), akan mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan yang nantinya akan menyumbang pembangunan ekonomi kawasan dan nasional.

Baca Juga: Tol Padang-Sicincin dan Sigli-Banda Aceh Ditargetkan Selesai Tahun Ini, Pangkas Waktu Tempuh 1 Jam

Wapres pun menekankan, pembangunan infrastruktur pendukung lainnya harus ditingkatkan secara lengkap, termasuk peningkatan akses dan kualitas jalan yang terhubung langsung dengan jalan tol, serta fasilitas transportasi publik yang lebih baik.

Ma'ruf juga menyoroti pentingnya kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat.

“Hal ini penting demi peningkatan kualitas hidup masyarakat.” ujarnya.

Tingkat aksesibilitas yang tinggi, menurutnya, akan mendorong daya saing daerah, menarik investasi, dan menciptakan lapangan kerja baru, sehingga berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Baca Juga: Catat! Tap In dan Tap Out di Stasiun LRT Jabodebek yang Sama Bisa Kena Tarif Maksimum




Sumber : KOMPAS TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x