Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi Sebut Inflasi RI Terbaik di Dunia: Segar kalau Seperti Ini

Kompas.tv - 14 Juni 2024, 14:34 WIB
jokowi-sebut-inflasi-ri-terbaik-di-dunia-segar-kalau-seperti-ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, laju inflasi pada Mei 2024 yang sebesar 2,84 persen, merupakan salah satu yang terbaik di dunia. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, laju inflasi pada Mei 2024 yang sebesar 2,84 persen, merupakan salah satu yang terbaik di dunia. 

Jokowi menilai kondisi inflasi saat ini jauh lebih baik dari 10 tahun lalu, yang ada di level 9,6 persen. 

Hal itu ia sampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2024 di Istana Negara Jakarta, Jumat (14/6/2024). 

"Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya ke tim pengendalian inflasi yang telah bekerja keras, sehingga yang terakhir pada Mei yang lalu inflasi kita berada di angka 2,84 persen. Ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia," kata Jokowi dikutip dari Breaking News Kompas TV, Jumat (14/6). 

Baca Juga: Mendag Kasih Kode Harga MinyaKita Naik Jadi Rp15.500 Usai Iduladha

"Kalau kita ingat di 9,10 tahun yang lalu, inflasi kita masih berada di angka 9,6 persen dan atas usaha keras kita berada di angka 2,84 (persen)," ujarnya. 

Jokowi juga mengapresiasi kerja Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang membuka sistem informasi inflasi di seluruh Indonesia. Sehingga semua kepala daerah saling mengetahui inflasi mingguan di wilayah lainnya. 

Presiden menekankan, semua pemangku kepentingan untuk menyikapi inflasi sebagai sesuatu yang penting diperhatikan. 

"Saya tahu, setiap minggu oleh Mendagri diabsen satu per satu inflasinya berapa, dibuka secara gamblang berapa angkanya, di provinsi ini, di kabupaten ini, di kota ini, sehingga semuanya tahu," ungkapnya. 

Baca Juga: Libur Panjang Lima Hari, Jasa Marga Prediksi 842.000 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

"Setiap ke daerah juga yang saya tanyakan sekarang selalu inflasinya berapa, pertumbuhan ekonomi berapa Pak Bupati, Pak Walikota? Selalu saya tanyakan itu supaya kita semuanya peduli terhadap hal yang sangat penting," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x