Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Telkomsat Gandeng Starlink Milik Elon Musk, Tawarkan Layanan Internet Bisnis

Kompas.tv - 18 Mei 2024, 14:50 WIB
telkomsat-gandeng-starlink-milik-elon-musk-tawarkan-layanan-internet-bisnis
Telkomsat dan Starlink resmi menjalin kerjasama untuk menghadirkan layanan internet bisnis (enterprise) di berbagai wilayah di Indonesia. (Sumber: Telkomsat)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Telkomsat dan Starlink resmi menjalin kerjasama untuk menghadirkan layanan internet bisnis (enterprise) di berbagai wilayah di Indonesia.

Kesepakatan ini ditandai dengan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) pada tanggal 15 Mei 2024 oleh Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf dan VP Starlink Commercial Sales.

Kerjasama ini memungkinkan Telkomsat untuk menawarkan layanan bisnis berbasis Starlink yang kompetitif dan setara dengan paket bisnis yang ditawarkan melalui situs web Starlink.

“Momentum kerja sama ini semakin mengukuhkan posisi Telkomsat sebagai mitra strategis pertama dan utama Starlink di Indonesia," kata Lukman Hakim dalam keterangan resmi Telkomsat, Sabtu (18/5/2024). 

Baca Juga: Luhut soal Starlink Ancam Operator Internet Lokal: Semua Harus Berkompetisi

Sebagaimana diketahui bahwa Telkomsat yang merupakan anak usaha Telkom itu telah menjalin kerja sama dengan Starlink sejak tahun 2021. 

Telkomsat dan Starlink juga telah menggelar layanan backhaul Starlink sejak tahun 2022 dengan memanfaatkan hak labuh yang telah diberikan oleh pemerintah.

“Infrastruktur backhaul yang digelar oleh Telkomsat ini mampu memberikan layanan konektivitas satelit yang berkualitas dengan tetap menjamin kedaulatan dan keamanan data nasional,” kata Lukman.

Pada kesempatan yang sama, SVP Corporate dan Communication Telkom Ahmad Reza menjelaskan, pihaknya melihat kerja sama TelkomGroup, dalam hal ini Telkomsat akan mendukung percepatan konektivitas di Indonesia.

Baca Juga: Starlink Milik Elon Musk Masuk Indonesia, Ini Respons Telkom dan XL Axiata



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x