Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Catat! Tol Cipali dan Merak Jadi Pusat Titik Kemacetan Mudik 2023

Kompas.tv - 6 April 2023, 15:05 WIB
catat-tol-cipali-dan-merak-jadi-pusat-titik-kemacetan-mudik-2023
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Tol Cikampek-Palimanan (Tol Cipali) akan menjadi pusat titik kemacetan selama arus mudik Lebaran 2023. (Sumber: Dok. BPJT)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Tol Cikampek-Palimanan (Tol Cipali) akan menjadi pusat titik kemacetan selama arus mudik Lebaran 2023.

"Oleh karena itu kami anjurkan pemudik yang menuju Jawa Tengah untuk mudik lebih awal," kata Budi dalam konferensi pers di Mabes Polri, Kamis (6/4/2023).

Pusat kemacetan kedua adalah di jalan tol menuju Pelabuhan Merak, Banten. Untuk itu Kemenhub sudah membuka pelabuhan baru yaitu Ciwandan, untuk mengurangi kepadatan di Merak.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2023: Ini Jadwal Lengkap One Way, Contraflow, dan Ganjil-Genap di Tol Cikampek

"Selain itu ada sejumlah titik krusial lainnya. Yaitu Kepri, Madura, Samarinda, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua," ujar Budi.

"Makanya kami tugaskan kapal negara di sana. Dan kami juga minta bantuan Panglima TNI untuk menempatkan kapal di sana," ujarnya.

Selain itu, Menhub juga mengimbau agar masyarakat tidak mudik dengan sepeda motor. Banyak mudik gratis yang disediakan oleh kementerian, lembaga, BUMN, dan swasta yang juga bisa mengangkut sepeda motor.

Baca Juga: Jasa Marga Beri Diskon 20 Persen Tarif Tol Jakarta-Cikampek, Cek Jadwalnya!

"Informasi dari Polri itu, data kecelakaan pemotor selama mudik itu tinggi. Makanya dengan kerendahan hati kami imbau masyarakat tidak mudik dengan sepeda motor," tuturnya.


Pada kesempatan yang sama, Menko PMK Muhadjir Effendy menyatakan potensi kecelakaan juga rawan terjadi di perjalanan menuju lokasi wisata.

Kata Muhadjir, semakin jauh perjalanan menuju lokasi wisata maka semakin tinggi risiko kecelakannya.

"Oleh karena itu, pengendara yang menempuh perjalanan jauh sebaiknya sering-sering beristirahat," ucap Muhadjir. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x