Kompas TV cerita ramadan risalah

Mengenal Ar-Rayyan, Jalur Khusus Pintu Surga bagi Orang Berpuasa

Kompas.tv - 8 April 2022, 03:05 WIB
mengenal-ar-rayyan-jalur-khusus-pintu-surga-bagi-orang-berpuasa
ilustrasi tentang surga yang indah. Surga Ar Rayyan dikisahkan adalah jalur khusus bagi mereka yang berpuasa. (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu keutamaan yang paling sempurna yang akan didapatkan oleh orang yang berpuasa adalah masuk surga melalui pintu surga bernama ar-Rayyan.

Dikutip dari buku Bekal Ramadhan karya Ahmad Zarkasih, Lc, pintu surga ar-Rayyan ini secara khusus diberikan oleh Allah SWT kepada orang yang menjalankan ibadah puasa.

Pintu ini tidak akan dilalui oleh siapa pun, kecuali orang yang berpuasa saja. Hal ini berdasarkan sebuah hadis sahih tentang surga dengan pintu khusus ini. 

Sabda Nabi Muhammad: Di dalam surga ada sebuah pintu yang disebut pintu ar-Rayyan. Yang masuk melalui pintu itu di hari kiamat hanyalah orang-orang yang berpuasa, yang lainnya tidak masuk lewat pintu itu. Dan diserukan saat itu, ”Manakah orang-orang yang berpuasa?”.

Maka mereka yang berpuasa bangun untuk memasukinya, sedangkan yang lain tidak. Bilamana mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup dan tidak ada lagi yang bisa memasukinya. (HR. Bukhari & Muslim).

Baca Juga: Gambaran Indahnya Surga, Seperti yang Dilihat Nabi Muhammad ketika Isra Miraj

Pintu Ar-Rayyan, Sulitkah Didapat?

Surga tentu saja adalah impian bagi muslim. Namun, lagi-lagi para ulama menjelaskan, bahwa urusan surga adalah hak prerogratif dari Allah SWT.

Dalam hadis dijelaskan tentang bulan suci Ramadan. Ketika segalanya setan yang selama ini menganggu manusia untuk terus menjerumuskan kita menuju neraka dibelenggu oleh Allah SWT.

Apabila datang bulan Ramadan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.(HR. Bukhari dan Muslim)

Masalahnya adalah, nafsu manusia tetap bisa bergerilya untuk menggoda manusia. Lantas, bagaimana caranya kita bisa benar-benar 100 persen untuk ibadah di Ramadan dan mendapatkan Ar-Rayyan ini? 

Apalagi, Nabi juga mengisahkan bahwa amal puasa itu langsung Allah SWT yang sendiri yang 'mengawalnya'.

Diriwayatkan dari jalur Abu Hurairah, Nabi SAW mengatakan, "Setiap amalan kebaikan anak Adam (manusia) akan dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang semisal hingga 700 kali lipat. Allah Ta’ala berfirman 'Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi'.” (H.R. Bukhari)

Berdasarkan hadis di atas, pintu surga Ar-Rayyan yang dijanjikan kepada Allah SWT tidak ada yang bisa tahu kecuali Allah SWT.

Tugas hamba hanyalah berikhtiar, beribadah dan berbuat sebaik mungkin agar kelak mendapatkan rahmat dari Allah SWT dan dimasukkan ke dalam pintu surga-Nya.

Semoga Ramadan tahun ini membawa kita kelak menuju surga-Nya lewat pintu surga Ar-Rayyan. Wallahu a’lam.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x