> >

Orang Indonesia Paling Mudah Terjaring Penipuan Lewat Spam

Aplikasi | 18 Desember 2021, 04:05 WIB
Ilustrasi - Indonesia kembali menempati posisi enam teratas korban spam dengan peningkatan jumlah spam yang signifikan. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Indonesia kembali menempati posisi enam teratas korban spam dengan peningkatan jumlah spam yang signifikan. Hal ini menurut laporan Truecaller Global Spam Report yang memuat 20 negara teratas paling terdampak di 2021 soal spam.

Sebagai informasi, spam adalah singkatan dari Sending and Posting Advertisement in Mass. Makanya, salah satu ciri khas pesan spam adalah pesan promosi yang dikirimkan secara massal.

Pesan spam ini paling sering muncul dalam kotak masuk email maupun kotak pesan di ponsel. Isi pesannya pun biasanya tentang konten iklan yang tidak diinginkan oleh penerima pesan.

Namun, terkadang pesan spam juga berisi dengan konten berbahaya seperti malware, virus, dan juga penipuan. Bahkan, spam bisa dimanfaat oleh seseorag untuk  mencuri informasi pribadi seperti akun rekening bank.

Di Indonesia, penipu mengincar target dengan cara yang sangat ilmiah dan tepat sasaran, parahnya dapat menggali detail informasi latar belakang dan catatan keuangan korbannya.

Masalah ini diperparah dengan tak banyak masyarakat Indonesia yang menyadari tindakan penipuan ini. Hanya satu persen dari seluruh panggilan yang diblokir ditandai sebagai penipuan, sementara angka ancaman scam terus tumbuh subur.

“Data kami menunjukkan bahwa orang Indonesia menjadi target penipuan dengan semakin tingginya tingkat teror komunikasi yang tidak diinginkan. Hak ini menyebabkan jutaan pengguna smartphone di Indonesia berisiko menjadi korban penipuan," ujar CEO dan Co-Founder Truecaller Alan Mamedi dalam keterangannya, Jumat (17/12/2021), dikutip dari Antara.

Baca Juga: Masih Terima Telepon atau SMS Spam? Lapor via Twitter Aduan PPI

Alan mengatakanTruecaller menyediakan teknologi dan keahlian yang tepat guna membantu melindungi masyarakat di Indonesia dari ancaman yang terus mengganggu ini.

"Kami percaya data yang ditampilkan dalam Global Spam Report edisi kelima ini dapat membantu masyarakat di Indonesia untuk mengetahui dan memahami cara kerja spam, serta menggunakan informasi ini untuk melawan ancaman spam call," terangnya.

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Antara

Tag

TERBARU