> >

Cara Mengajarkan Anak agar Menyayangi Hewan

Gaya hidup | 16 Februari 2023, 16:00 WIB
Mengajarkan anak untuk menyayangi hewan sejak dini adalah hal yang penting. (Sumber: Freepik/jcomp)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Orangtua perlu mengajarkan anak untuk menyayangi hewan sejak dini. Menurut Green Roots dan Severson (2014), salah satu manfaatnya adalah melatih rasa empati anak agar mampu memahami perasaan orang lain dan makhluk hidup sekaligus mengungkapkan perasaannya.

Salah satu tokoh dalam siniar Dongeng Pilihan Orangtua episode “Cerita Kucing Emas” dengan tautan akses dik.si/DopingKucingEmas, Tata, tidak menyukai kucing. Menurutnya, kucing sangat mengganggu manusia.

Jika hal ini dibiarkan tentu akan membentuk persepsi anak bahwa hewan adalah makhluk hidup yang menjengkelkan. Bahkan, bisa membentuk sifat anak untuk menyiksa hewan. Untuk itu, dibutuhkan peran orangtua untuk mengajarkan anak bahwa menyayangi seluruh makhluk hidup adalah suatu keharusan.

Mengutip Ripple Kindness, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk mengajarkan anak agar mereka mampu menyayangi hewan.

1. Mengajak anak untuk berinteraksi dengan hewan

Cara terbaik untuk mengajarkan anak untuk menyayangi hewan adalah mengenalkannya secara langsung. Orangtua bisa membawa anak ke taman suaka margasatwa, kebun hewan, hingga lingkungan sekitar rumah untuk mengenalkan hewan. Kenalkan pada hewan-hewan yang sering anak temui dan jelaskan kebermanfaatannya bagi lingkungan.

Baca Juga: Kenapa Kita Tak Boleh Berhenti Belajar?

Misalnya, saat melihat semut, berikan penjelasan bahwa hewan ini memiliki fungsi ekologis dalam membantu tanaman menyebarkan benih (biji) untuk penyerbukan, menggemburkan tanah pertanian melalui pergerakannya di dalam tanah, hingga menjadi predator bagi hama tanaman.

Akan tetapi, jangan membawa anak-anak melihat pertunjukan hewan, seperti atraksi atau sirkus, karena hal ini merupakan eksploitasi hewan. Orangtua perlu menjelaskan alasan mengapa hewan tidak boleh diperlakukan seperti itu.

2. Tonton tayangan dan bacalah buku tentang hewan

Mengajarkan anak untuk menyayangi hewan bisa dilakukan dengan memberikan tontonan dan bacaan seputar hewan. Pilihlah objek edukasi yang tak hanya berfokus pada habitat, pola makan, dan karakteristiknya, melainkan juga harus ada penjelasan seputar sifat sosial, emosional, dan perilaku mereka

Misalnya, simpanse terbiasa hidup berkelompok sehingga mereka membentuk hierarki sosial atau bisa juga gajah bekerja sama untuk melindungi anak sapi muda. Jika perlu, jelaskan pula bagaimana hubungan timbal balik antara hewan dan manusia.

3. Ajarkan perilaku menyayangi dengan aksi langsung

Penulis : Ristiana D Putri Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU