> >

Menag Nasaruddin Umar Berharap Haji 2025 Lancar meski Ada Transisi dari Kemenag ke Badan Haji

Peristiwa | 28 Oktober 2024, 23:56 WIB
Jemaah haji berkumpul di Jabal Rahmah di Padang Arafah di dekat kota Makkah, Arab Saudi, Sabtu (15/6/2024). (Sumber: AP Photo/Rafiq Maqbool)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Agama (Menag) RI, Nasaruddin Umar berharap, persiapan penyelenggaraan Ibadah Haji 2025 berjalan lancar, meskipun digelar di masa tengah transisi organisasi.

Seperti diketahui, ibadah haji yang tadinya diurus oleh Kemenag nantinya akan diurus oleh Badan Haji. 

Hal itu ia sampaikan dalam Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Haji 2024 yang digelar dengan Komisi VIII DPR RI, di Jakarta, Senin (28/10/2024). 

"Haji tidak boleh gagal gara-gara transisi organisasi," kata Menag seperti dikutip dari Antara. 

Imam Besar Masjid Istiqlal itu menyampaikan, Kemenag akan berupaya memastikan transisi berjalan mulus tanpa mengorbankan kualitas pelayanan jemaah.

Baca Juga: Kementan Tegaskan Tak Ada Impor Susu 1,8 Juta Ton dari Vietnam untuk Makan Bergizi Gratis

"InsyaAllah transisi berjalan dengan halus, sehingga tidak ada kendala bagi jemaah haji. Kita sudah bersepakat antara Badan Penyelenggara Haji dan Kementerian Agama RI. Karena yang utama adalah keselamatan dana kenyamanan jemaah haji," ujarnya. 

Sebelumnya, usai dilantik Presiden Prabowo Subianto, Kepala Badan Penyelenggara Haji Mochamad Irfan Yusuf, dan Wakil Kepala Badan Penyelenggara Haji Dahnil Anzar Simanjutak melakukan kunjungan ke Kantor Kemenag. 

Kunjungan keduanya dalam rangka silaturahmi dan sharing dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) beserta jajarannya terkait gambaran singkat siklus perhajian yang persiapannya dilakukan sepanjang tahun.

Dirjen PHU Hilman Latief dalam pertemuan tersebut mengatakan, persiapan penyelenggaraan haji sudah dilakukan jajaran PHU sejak jauh hari untuk antisipasi lebih awal kemungkinan yang akan terjadi pada penyelenggaraan ibadah haji 1446H/2024M.

Penulis : Dina Karina Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas.tv, Antara


TERBARU