> >

Pengamat: Beda dengan Jatim dan Jakarta, Pertarungan Pilgub Jateng 2024 Relatif Seimbang

Rumah pemilu | 31 Mei 2024, 05:17 WIB
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Sabtu (16/3/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Jawa Tengah relatif seimbang karena tidak ada pasangan calon yang mencolok. 

Sejumlah nama yang sudah mendaftarkan diri dan mendapat dukungan dari masyarakat ataupun partai untuk maju di Pilkada Jawa Tengah 2024 yakni Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maemoen. 

Bupati Klaten Sri Mulyani dan mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko yang mendaftarkan diri ke DPD PDI Perjuangan Jateng. 

Bupati Kendal Dico Ganinduto yang menggandeng presenter kondang Raffi Ahmad sebagai bakal calon wakil gubernur Jateng pada Pilkada 2024.

Kemudian ada Mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau Hendi, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono.

Baca Juga: Sejumlah Nama Tokoh yang Populer di Jateng, Siapakah yang Paling Berpeluang Menang di Pilgub?

Ketua DPD PDI-P Jateng Bambang Wuryanto serta Ketua DPW PKB Jateng, Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf. 

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai, peluang para bakal calon kepala daerah di Pilgub Jateng relatif seimbang.

Para kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Jateng ini rata-rata tokoh baru.

Hasil survei terakhir yang dilakukan PPI, popularitas dan elektabilitas masing-masing kandidat juga belum terlihat signifikan.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU