> >

Saat ke Indonesia dan Wisatawan asal China tak Wajib Lakukan Isolasi, Jokowi Jelaskan Alasannya

Sosial | 21 Januari 2023, 11:38 WIB
Presiden Jokowi Buka Rakornas Kepala Daerah dan FKPD se-Indonesia, Bogor, 17 Januari 2023. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Indonesia terbuka untuk wisatawan dari negara mana pun, termasuk China. (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa Indonesia terbuka untuk wisatawan dari negara mana pun, termasuk China.

Menurut Jokowi, yang terpenting saat ini adalah penerapan protokol kesehatan.

Presiden Jokowi mengatakan penerapan protokol kesehatan menjadi aspek terpenting di destinasi wisata Indonesia saat menerima turis mancanegara, termasuk dari China.

“Wisatawan, sekali lagi kita terbuka bagi turis dari manapun,” tuturnya saat mengunjungi Kawasan Wisata Bunaken, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (20/1/2023), dikutip Antara.

Baca Juga: Turis China Bakal Membanjiri RI, Jokowi Minta Tak Khawatir Covid: Imunitas Kita di angka 98,5

“Tapi yang kita lihat yang banyak dari China. Yang paling penting protokol kesehatan,” kata Presiden Jokowi.

Ia menjelaskan, saat ini otoritas pemerintah China telah memeriksa warganya yang hendak melancong ke luar negeri, sehingga kita tidak perlu mengkhatirkan kunjungan mereka.

“Jadi kita tidak perlu khawatir,” kata Presiden Jokowi.

Terlebih, kata Jokowi, tingkat imunitas di Indonesia diyakininya sudah cukup tinggi untuk menerima turis asing masuk, yakni mencapai 98,5.

Karena itu, kata Presiden, tidak ada pembatasan seperti kewajiban isolasi bagi turis China yang berkunjung ke Indonesia.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV, Antara


TERBARU