> >

Menhan Prabowo Sebut Saling Kunjung Pejabat Negara untuk Perkuat Industri Pertahanan

Politik | 28 April 2022, 05:20 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto saat menerima kunjungan Duta Besar Republik Sosialis Vietnam yang baru untuk Indonesia H.E. Mr. Ta Van Thong, Rabu (27/4/2022) (Sumber: Biro Humas Setjen Kemhan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima sejumlah tamu negara di kantornya, Rabu (27/4/2022).

Pada hari itu, Duta Besar Republik Sosialis Vietnam yang baru untuk Indonesia H.E. Mr. Ta Van Thong berkunjung ke Kementerian Pertahanan (Kemhan) Jakarta.

Baca Juga: Capres 2024 Dinilai Makin Mengerucut ke Tiga Nama Tertinggi Survei: Prabowo, Ganjar dan Anies

Pada kunjungan perkenalan ini, Menhan Prabowo memaksimalkan untuk bekerja sama dalam bidang pertahanan antara Vietnam dan Indonesia yang telah terjalin baik.

“Kerja sama pertahanan dan persahabatan yang didasari semangat persaudaraan serta prinsip saling menghormati ini, diharapkan dapat terus ditingkatkan,” ujar Menhan Prabowo dalam keterangan tertulisnya yang dikirim Biro Humas Setjen Kemhan kepada KOMPAS TV.

Menurut Prabowo, kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan Vietnam telah ditandatangani sejak 27 Oktober 2012, dan diratifikasi pada tahun 2016.

Lingkup kerja sama meliputi saling kunjung pejabat Kemhan dan petinggi Angkatan Bersenjata.

Lalu konsultasi reguler tentang masalah pertahanan yang menjadi perhatian bersama. 

Termasuk kerja sama antara Angkatan Bersenjata kedua negara, pendidikan dan latihan.

Kemudian pertukaran intelijen militer, kerja sama penelitian dan pengembangan teknologi industri pertahanan serta kerja sama lainnya di area yang disepakati bersama.

Dalam kunjungan tersebut, Dubes Vietnam didampingi Atase Pertahanan Vietnam Sr, Colonel Do Xuan Quy.

Penulis : Deni Muliya Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU