> >

Waspada! BPOM: 1.094 Obat Tradisional dan Suplemen Mengandung BKO, Bahayanya Tinggi Bagi Kesehatan

Berita utama | 5 April 2022, 19:04 WIB
Kepala BPOM Penny K Lukito menunjukkan Kopi Jantan salah satu produk olaha pangan yang mengandung bahan kimia obat paracetamol dan sildenafil saat jumpa pers virtual, Jumat (4/3/2022). (Sumber: YouTube BPOM)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkapkan 1.094 produk obat tradisional dan suplemen kesehatan mengandung bahan kimia obat (BKO).

 

Keterangan itu disampaikan Kepala BPOM Penny K Lukito sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (5/4/2022).

"Walaupun persentase obat tradisional mengandung BKO tergolong relatif kecil, namun bahaya terhadap kesehatannya sangat tinggi bagi masyarakat," kata Penny.

Berdasarkan data BPOM, Penny kemudian membeberkan produk obat tradisional atau suplemen kesehatan yang mengandung bahan kimia obat.

Antara lain, bahan kimia obat sildenafil sitrat dan turunannya serta tadalafil didapati ditambahkan pada produk obat tradisional yang diklaim bisa meningkatkan stamina pria, parasetamol dan dexamethasone ditambahkan pada obat pegal linu, dan sibutramin hidroklorida ditambahkan pada obat untuk pelangsing.

Baca Juga: BPOM Tetapkan Vaksin Sinopharm Bisa Digunakan Booster Penerima Sinovac

"Peredaran obat tradisional mengandung bahan kimia obat menimbulkan dampak negatif pada sisi ekonomi, hukum, sosial, dan budaya," ujar Penny.

Sebab, kata Penny, peredarannya tidak hanya merugikan produsen obat tradisional yang legal tapi juga menimbulkan persaingan yang tidak sehat.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU