> >

BST Tambahan Rp 500 Ribu Disalurkan Ke 9 Juta KPM Kartu Sembako Non PKH

Berita kompas tv | 31 Agustus 2020, 21:26 WIB

 

Kemensos salurkan BST tambahan Rp 500 ribu simbolis ke 9 juta KPM kartu sembako non PKH (Sumber: Renjana Pictures)

JAKARTA, KOMPAS.TV-

Pemerintah terus merespon pandemi Covid-19 yang masih menjadi permasalahan di Indonesia khususnya, dan dunia secara umum.
Beberapa program digulirkan pemerintah sebagai wujud nyata kepedulian pemerintah dan memberikan rasa aman pada seluruh warga terdampak pandemi Covid-19.

Program Bantuan Sosial Tunai atau BST, menjadi salah satu program yang diberikan pemerintah sejak awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia, atau sejak April 2020.

Di akhir bulan Agustus ini, pemerintah kembali menyalurkan Bantuan Sosial Kartu Sembako di luar penerima bantuan Program Keluarga Harapan atau non PKH.

Pemerintah memberikan tambahan bantuan tunai senilai Rp500 ribu kepada Total sasaran dalam program ini sebanyak 9 juta KPM dengan anggaran sebesar Rp4,5 triliun.

 
Mensos berikan BST tambahan Rp 500 tambahan secara simbolis ke KPM kartu Sembako non PKH (Sumber: Renjana Pictures)

Pada peluncuran BST tambahan kartu Sembako non PKH yang dihelat di Gedung Konvensi Kementerian Sosial Taman Makam Pahlawan, Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyatakan, BST tambahan ini untuk meringankan beban masyarakat akibat pandemi Covid-19.

“Tambahan bantuan ini kita harapkan dapat meringankan beban KPM Program Sembako non-PKH akibat pandemi Covid-19. Kepada para penerima bantuan, saya berpesan agar bantuan digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang urgent, seperti membeli kebutuhan pokok. Jangan untuk membeli rokok,” katanya, Senin (31/08).

Mensos Juliari memastikan BST untuk KPM Program Sembako non-PKH ini sudah dapat dicairkan akhir bulan Agustus ini melalui Himpunan Bank Negara atau Himbara yaitu bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN dan Bank BRI.

“Bantuan ini hanya sekali diberikan yaitu bulan Agustus saja dan mulai bisa diambil KPM mulai akhir pekan ini di seluruh Indonesia. Saya minta agar bantuan segera bisa dibelanjakan agar memutar roda perekonomian,” kata Mensos.

Mensos Juliari P Batubara beri sambutan dalam Penyaluran BST tambahan di Gedung Konvensi Kemensos TMP Kalibata (Sumber: Renjana Pictures)

Penulis : Herwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU