> >

Ahli Gizi: Gula dari Pemanis Buatan Tidak Penting untuk Anak

Kesehatan | 9 Februari 2024, 07:07 WIB
Ilustrasi anak makan makanan sehat (Sumber: Ist)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ahli Gizi DR. dr. Tan Shot Yen, M.hum mengatakan bahwa gula tidak penting diberikan kepada anak-anak. 

Dokter Tan menjelaskan, itu karena kebanyakan makanan utuh atau real food sebenarnya sudah mengandung gula yang dibutuhkan tubuh anak.

"Memang tidak penting, makanya dalam panduan dari UNICEF bahwa biasakan anak-anak tidak punya yang disebut added salt and added sugar sampai lepas MPASI (Makanan Pendamping ASI)," kata DR. Tan dalam diskusi kesehatan bertema "Yang Manis Anaknya, Bukan Makanan dan Minumannya" di akun instagram resmi Kementerian Kesehatan, Rabu (7/2/2024).

Baca Juga: Tamara Tyasmara Akui Anaknya yang Tenggelam Dititip ke Kekasihnya, sudah Cerai dari Angger Dimas

"Misalnya pada anak-anak yang baru MPASI. wortel itu manis, udang itu manis, kalau dia dikasih jeruk peres manis, kalau dia dikasih buah naga manis, dikasih pepaya manis. Jadi, tidak perlu ditambahin gula," ujarnya.

"Jadi anak bisa apresiasi rasa manis, 'Oh jadi manis ada tempatnya ya'. Tidak manis palsu karena ditambahin gula," imbuhnya.

"Anak itu butuh karbohidrat, bukan gula. Anak butuh protein, enggak ada kan anak dikasih makan asam amino. Kalau anak kamu enggak dikasih makan asam amino, maka enggak usah anaknya dikasih gula," terangnya.

Jadi menurutnya, gula dari pemanis buatan tidak penting untuk anak.

Lebih penting para orangtua memberikan makanan utuh yang memiliki rasa manis alami dan nutrisi kepada anak.

"Kalau orang tua mau mengenalkan rasa manis pada anak bisa dikenalkan dari rasa manis alami sayuran, buah," ujarnya.

Penulis : Ade Indra Kusuma Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU